Tips Berhemat Bahan Bakar Mobil

6 Feb 2010
Saat mengisi bahan bakar di Amerika, pada umumnya pistol pengisi bahan bakar kita masukkan pada lubang tangki mobil, maka akan tergantung di sana secara otomatis.

Pada setiap pistol pengisi selalu tertera "DO NOT TOP OFF", yang berarti “Jangan Melewati Batas”. Di sini hendak mengingatkan kita bahwa saat mengisi bahan bakar, bila kunci otomatis sudah tersentak, maka pistol pengisian akan terhenti secara otomatis, saat ini jangan bersikeras untuk menambah isian sampai tangki
bahan bakar terlihat penuh.


Di Taiwan, umumnya mahasiswa yang bekerja magang akan membantu Anda mengisi sampai jumlah tertentu, yaitu saat pelatuk pistol sudah tersentak, dia masih menambahnya sampai mencapai jumlah tertentu.
Di kemudian hari, jangan lakukan hal yang demikian lagi, karena ini dapat menghamburkan uang secara sia-sia.

Karena sistem pengisian bahan bakar adalah : saat sudah terisi penuh, maka pelatuk pistol akan meloncat dengan sendirinya. Hal ini karena pada kiri depan di bagian berlogam terdapat sebuah rongga kecil, ini adalah sebuah sensor.

Saat mengisi bahan bakar, alat yang terpasang dalam pistol pengisian dapat menyedot kembali udara berminyak yang telah penuh terisi, maka pelatuk akan otomatis berhenti menyuplai minyak. Saat ini, tangki minyak Anda sudah penuh sampai taraf yang aman.

Dan setelah pelatuk dapat meloncat, bila Anda terus bersikeras menambah lagi, maka saat ini bahan bakar tidak akan lari ke dalam tangki mobil, tetapi berbalik ke pompa bensin, bukankah ini merupakan penghamburan uang?

Departmen Lingkungan Hidup Taiwan mengajarkan kepada pelanggan empat langkah :

1. Melihat :
Saat mengisi bahan bakar, perhatikan cara kerja karyawan, apakah mempunyai gelagat mencecerkan minyak atau ’memaksakan mengisi penuh’.

2. Mencium :
Cobalah hirup nafas dengan ringan untuk menguji apakah di pom pengisian ada bau minyak yang tidak enak.


3. Mengatakan :
Saat petugas pengisian menanyakan pada Anda ingin mengisi berapa banyak, maka boleh langsung mengatakan padanya “isi sampai pelatuk pistol berhenti”.

4. Memutuskan :
Kalau ada tercium bau yang tidak enak, maka hentikan untuk mengisi di tempat tersebut, cari SPBU lain yang lebih terjamin.

Asal Artikel : KasKus
Asal Gambar: Megadhit