Tips menghadapi kejenuhan dan kebosanan

12 Mei 2010
Perasaan bosan atau jenuh sering menghinggapi diri kita dan setiap manusia sering mengalaimi hal ini.Setiap individu manusia berbeda-beda cara menyikapi dan menerima perasaan kebosanan dan kejenuhan yang menimpa dirinya. Namun tidak sedikit orang yang terjebak dengan perasaan kebosanan dan kejenuhan yang berakibat pada tindakan tindakan negatif dan merugikan serta membahayakan diri sendiri hanya karena di timpa perasaan bosan dan menjenuhkan.

Banyak faktor dan penyebab seseorang dihinggapi perasaan kebosanan dan menjenuhkan yang diantaranya adalah :

- Tidak adanya atau kurangnya aktifitas dan kegiatan.


- Kegiatan atau aktifitas yang monoton dan tidak berkembang

- Menunggu sesuatu yang tidak pasti atau terlalu lama.

- Tidak adanya teman atau terpenjara sepi

- Keinginan yang belum terlaksana atau tercapai

- dll.

Dampak dan akibat yang di timbulkan dari perasaan bosan dan jenuh bermaca-macam yang diantaranya adalah :

- Hilang semangat atau putus asa

- Temperamen yang meninggi mudah marah, mudah tersinggung dll

- Dapat mengakibatkan tindakan anarkis ,kriminal dan tindakan-tindakan yang dapat merugikan diri sendiri.

- Hilangnya atau kurangnya berfikir logis ( kesadaran )

- Depresi atau tidak ada ketenangan

- Meningginya dan meningkatnya perasaan ego

- Melemahnya daya tahan fisik seperti kurang nafsu makan,lesu, sakit kepala, pegal-pegal dan lain-lain.

Itulah beberapa dampak yang ditimbulkan dari perasaan bosan ( boring ) atau kejenuhan. Sungguh sesuatu yang sangat merugikan jika itu sampai menimpa dan terjadi pada diri kita. Oleh karena itu hendaklah hari-hari dari hidup kita jangan sampai hidup dalam situasi kebosanan dan kejenuhan yang dapat merugikan segala aktifitas dan kegiatan pada diri kita, yang semuanya pada dasarnya dapat merugikan diri kita sendiri.

Namun bagaimana cara dan tindakan kita untuk menghilangkan perasaan membosankan dan menjenuhkan tersebut, jika perasaan itu menimpa dan melanda diri kita. Berikut ini cara dan tips tuk menghilangkan perasaan membosankan( boring ) dan menjenuhkan jika itu sedang menimpa dan melanda diri kita yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Cari penyebab yang menimbulkan perasaan yang membosankan dan menjenuhkan pada diri kita, jika sudah ketemu penyebabnya cari jalan keluarnya bagaimana cara mengatasinya, dengan cara mencari kegiatan dan aktifitas apa yang dapat menghilangkan perasaan bosan dan jenuh yang kita senangi. Seperti: soping, jalan-jalan,nonton tv, spa, baca buku dll.

2. Jangan menampakkan kebosanan dan kejenuhan kita pada orang lain karena pada dasarnya orang lain tidak suka akan sesuatu yang membosankan dan menjenuhkan.

3. Usahakan jangan menyendiri jika tidak ada aktifitas atau kegiatan yang dikerjakan, walau hanya sebatas aktifitas atau kegiatan berfikir.

4. Cari teman walau hanya sebatas untuk curhat atau ngobrol

5. Istirahat, tidur, atau refresing tuk mengembalikan kondisi jasmani dan rohani kita.

6. Perbanyak olah raga dan makan akanan yang banyak mengandung vitamin, mineral, dan zat zat yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan kebugaran dan kondisi tubuh kita.

7. Usahakan jangan berfikir terlalu keras atau mengerjakan pekerjaan yang banyak menyerap energi pikiran kita. carilah kegiatan atau pekerjaan yang ringan2 saja yang tidak banyak menyerap energi pikiran kita.

8. Relaksasi dan meditasi

9. Cari makan makanan yang dibutuhkan rohani kita seperti bimbingan rohani,spritual, psikiater, dll. Untuk membangkitkan dan mengembalikan semangat hidup kita.

10.Ciptakan dan buat dunia sendiri yakni dengan membuat kegiatan atau aktivitas yang kita sukai dan senangi yang belum terwujud sebagai sarana untuk mengekspresikan diri.

Itulah beberapa tips dan strategi tuk mengatasi kebosanan dan kejenuahan jika sedang ada dan melanda diri kita .
Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber Artikel : perfspot