Tips menjaga makanan agar tidak mubazir

6 Jun 2010
Ketika kita memasak terkadang tidak semua masakan habis termakan. Untuk dibuang sayang, dimakan habis berarti pemborosan. Hanya saja tidak semua jenis makanan bisa disimpan. Berikut ini tip dalam menyimpan makanan:

1. Menu tumisan sebaiknya tidak disimpan karena tekstur, cita rasa, dan warnanya akan berubah. Penampilan makanan yang tidak cantik dan cita rasa yang jauh berkurang tentu tidak akan mengundang selera. Karenanya memasak tumisan hams diperhitungkan agar tidak membuang-buang
makanan. Sesuaikan dengan jumlah orang, jangan sampai terlalu banyak.

2. Goreng-gorengan, makanan berbumbu, makanan kering, ataupun menu berkuah seperti rawon atau sop buntut bisa disimpan dalam lemari es untuk kemudian disajikan kembali.

3. Jika hanya disimpan untuk jangka pendek (sekitar satu hingga tiga hari), simpan makanan di dalam chiller (lemari pendingin). Namun untuk penyimpanan jangka panjang, letakkan di dalam freezer (lemani pembeku). Makanan yang disimpan dlifreezerbisa tahan satu minggu hingga dua bulan.

4. Ketika menyantapnya lagi, makanan tinggal dihangatkan saja. Khusus untuk makanan yang dibekulcan, harus dicairkan terlebih dahulu sebelum diolah kembali. Nah, cara aman mencairkan makanan beku adalah dengan memindahkannya dan freezer ke bagian chiller. Suhu chiller yang lebih rendah perlahan-lahan akan mencairkan es. Jangan lupa, alasi makanan beku di dalam chiller agar air tidak menetes.

5. Mencairkan makanan dengan jalan ini tentu saja memakan waktu hingga berjam-jam. Agar tidak terburu-buru, cairkan makanan sehari sebelum pengolahan. Bagi yang memiliki microwave, proses pencairan bisa lebih cepat. Tinggal tekan tombol defrost, makanan pun mencair seketika.

6. Bungkus semua makanan ketika menyimpannya di dalam lemari es. Letakkan di dalam wadah tertutup. Bisa menggunakan wadah plastik khusus yang aman, atau dalam wadah apa pun dan menutup bagian atas dengan plastik bungkus (plastic wrap). Makanan yang disimpan dalam kondisi tertutup lemari es, baunya tidak akan mengganggu bahan pangan lain. Selain itu, kelembaban makanan juga tetap terjaga.

Nah, cara tersebut diatas sebaiknya Anda tekunin juga nih. Sebab bila sampai terjadi kemubaziran betapa kita tidak tahu bersyukur, sebab masih banyak orang yang tidak mendapat makanan. Kalau kita dengan teganya membuang makanan, berarti kita tidak memiliki kepedulian.

Sumber Artikel : informasionline