Tips menggunakan pisau dapur

9 Agt 2010
Tips menggunakan pisau dapur :

Berikut ini 4 keterampilan dasar menggunakan pisau yang bisa anda praktekan:

1. Bersihkan pisau dapur anda. Membersihkan pisau dapur setiap kali setelah digunakan, dapat membunuh bakteri berbahaya yang dapat menkontaminasi makanan. Gunakan air panas dan sabun cuci piring untuk membersihkan pisau, pastikan sisi tajam menghadap menjauh dari tubuh anda. Setelah dicuci, keringkan dengan tissue, hindari memakai lap kain karena bisa
sobek.

2. Asah pisau dapur anda. Pastikan mata pisau dapur anda selalu tajam. Sebelum mengasah pisau anda, basahi dulu batu asahan dengan minyak atau air, hal ini untuk mengurangi gesekan yang bisa menyebabkan mata pisau rusak. Untuk menguji apakah pisau sudah tajam atau belum, cobalah untuk memotong buah-buahan atau mengiris sayuran.

3. Mencincang (Chopping). Mencincang adalah keterampilan dasar dan mudah dilakukan. Cara memegang pisau yang benar ketika mencingcang adalah letakan jari tengah, jari manis dan kelingking di pegangan pisau. Memegang bahan makanan yang akan di cincang juga sama pentingnya agar jari anda tidak teriris. Pegang bahan kanana dengan seluruh jari anda, lalu tekukan sedikit sehingga bahan makanan terkunci dan siap dicincang. Gerakan jari kebelakang sedikit demi sedikit ketika bahan makanan mulai dicincang.

4. Memotong dadu (Dicing). Istilah ini adalah memotong bahan makanan seperti bentuk dadu, teknik ini dilakukan agar bentuk bahan makanan terlihat cantik dan proporsional. Cara melakukannya adalah potong makanan menjadi beberapa potong berbentuk persegi panjang, kemudian letakkan berdampingan dan potong berbentuk dadu dengan ukuran sesuai selera.

Sumber Artikel : KasKus