Tips tidur nyenyak

18 Agt 2010
Stres, kata yang tidak asing lagi di telinga kita saat ini. Dengan padatnya aktifitas yang harus dilakukan, banyaknya masalah yang dihadapi, ditambah lagi dengan kemacetan lalu lintas yang terjadi saat ini, membuat keseimbangan pikiran kita terganggu.

Hal ini dapat menyebabkan terganggunya kualitas tidur, bahkan tidak sedikit orang yang mengalami insomnia (susah tidur).Seseorang yang menderita insomnia sering bangun tengah malam,
dan susah tidur kembali, atau bangun terlalu pagi. Biasanya gangguan ini terjadi pada orang yang stress, depresi, atau banyak beban pikiran. Tidak sedikit orang yang menelan obat penenang ataupun obat tidur yang lama kelamaan membuat mereka menjadi ketergantungan terhadap obat tersebut. Bila tidak diatasi, kondisi ini akan mengganggu kesehatan.

Semua ketegangan karena beban pikiran,stress, dan depresi itu bisa diatasi dengan rileksasi yoga. Bila tubuh dan pikiran rileks, otomatis Anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Berikut ini saya paparkan latihan yoga nidra :

1. Tidur telentang, rentangkan kaki +/- 40 cm atau sejajar dengan bahu.

2. Telapak tangan menghadap keatas, ucapkan keinginan Anda yang positif, misalnya : mendapat pekerjaan, mendapat rezeki, mendapat pasangan hidup,dll.

3. Kemudian tarik nafas panjang dari hidung, buang nafas panjang dari hidung. Waktu tarik nafas, dada dan perut kembung, waktu buang nafas, dada dan perut kempes.

4. Waktu tarik nafas kita membayangkan kita memasukkan kesehatan, kekuatan, ketenangan, kebahagiaan, sifat-sifat yang positif.
Waktu membuang nafas kita membayangkan membuang penyakit-penyakit, kebencian, marah, dendam, iri hati dan sifat-sifat negative lainnya.

5. Terakhir lakukan konsentrasi keseluruh anggota tubuh : ibu jari tangan kanan, jari telunjuk,jari tengah, jari manis, kelingking, telapak tangan, pergelangan, sikut, lengan, seluruh tangan, dan seterusnya sampai seluruh anggota tubuh.

Ulangi sekali lagi sambil terus bernafas panjang, rileks... lakukan perlahan-lahan dan santai... rileks... lalu Anda akan tertidur nyenyak, dan pagi-pagi Anda akan bangun dalam keadaan sehat, segar dan bahagia.

Demikian latihan yoga nidra yang dapatkan dari hasil pelatihan bersama Master Yoga Budi Dharma Surya, guru yoga saya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Sumber Artikel : Kulinet