Tips membuat buku tahunan sekolah

22 Okt 2010
Yearbook atau buku tahunan sekolah (BTS) adalah pilihan desert yang wajib bagi sebagian sekolah dan siswanya, yearbook berisi profil murid, sekolah, guru sampai seluruh kegiatannya. Karena buku tahunan sangatlah penting, mungkin tidak terasa penting pada saat kamu menerimanya, but its good after 3-5 years later. Maka dari itu kalian harus mendapatkan BTS yang memuaskan. Lalu bagaimana cara membuat buku tahunan yang baik? Proses-nya?

Ya, dalam artikel ini, kami akan sedikit membantu kalian dalam tahap merencanakan BTS, agar kalian mendapatkan BTS yang memuaskan,

Basic planning
1. Know your school
Know your school? Ya, kenalilah seluruh perangkat sekolah, terutama murid-muridnya. Hal ini sangat penting untuk mengetahui berapa BTS yang harus dibuat, apa saja yang harus masuk dalam BTS, dan siapa saja yang sekiranya bisa ikut terlibat sebagai panitia buku tahunan sekolah. Poin terakhir sungguh penting, jangan karena untuk menghemat biaya, justru BTS menjadi tidak memuaskan, hal ini bisa dikarenakan kurang tenaga ahli dan terhambat karena kegiatan kamu sebagai murid sekolah.

2. Make a good team
Bentuklah sebuah panitia yang terdiri dari teman-teman yang bertanggung jawab dan sekiranya mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Panitia yang baik adalah panitia yang dapat menjalankan tugas dan target-nya dengan tepat. Pilihlah juga ketua atau pemimpin yang tepat, no leader, no good team.

3. Choose the right Media Organizer (MO)
Jika kalian merasa tidak yakin untuk membuat BTS sendiri, tidak ada salahnya kalian meng-hire MO untuk mendapat hasil sesuai keinginan. Pertama, pilihlah MO yang mempunyai badan hukum yang jelas. Ini akan menghindari resiko kamu dari penipuan. Lalu pilihlah MO yang mempunyai portofolio atau pengalaman minimal 2 tahun, karena ini adalah sebuah tolak ukur kalian melihat hasil dan kualitas MO yang nantinya akan mengerjakan pada BTS kalian.

The Brainstorming

1. Concept
Konsep adalah hal penting yang sering terlupakan, Konsep yang jelas akan menjadikan BTS kamu terlihat lebih baik karena terjadi alur dan skema yang jelas dari mulai cover sampai akhir halaman. Berdiskusilah bersama panitia, perwakilan kelas dan media organizer guna mendapatkan tema dan sub tema yang baik. Kalian juga harus memilih konsep yang unik dan juga tidak menyulitkan kalian, karena kalian harus menyiapkan dress code dan tempat pemotretan. Pilihlah sebuah tema yang unik dan out of the box, jangan takut disebut aneh, karena justru akan timbul sesuatu yang hebat dari pemikiran yang sebelumnya dianggap aneh.

2. Material
Mulailah menyusun draft halaman dari cover sampai akhir halaman, berapa halaman yang dibutuhkan, Dummy atau sketsa lay out dan apa saja yang akan dimasukkan kedalam buku tahunan kalian. Jangan lupa pilihlah material yang dipakai kedalam BTS kalian, mulai dari jenis kertas, finishing sampai fitur-fitur yang ada di BTS kamu (Pop Up, Spin Wheel, Poster, Packaging, etc). Sebaiknya jika kamu juga mempertimbangkan spesifikasi BTS kamu dengan budget yang akan kamu keluarkan.

3. Time

Atur dan pastikan jadwal dan time line kamu dalam proses pembuatan BTS kamu, hal ini dimaksudkan agar BTS kalian dapat selesai tepat pada waktunya. Idealnya pengerjaan BTS memakan waktu 5-6 bulan.

4. Photoshoot
Setelah mendapatkan tema baik, briefinglah kepada seluruh kelas untuk memilih sub-tema yang masih berkaitan (conoh; Tema: music, Sub-tema: Rock, Jazz, Pop). Lalu setiap kelas berkewajiban untuk memakai dress code dari tiap sub-tema, jangan sampai satu murid tidak masuk tema atau salah kostum karena bisa merusak sub-tema dari kelas itu sendiri. Pilih lah tempat yang sesuai dengan sub-tema, pilih tempat yang bisa dan mudah dijangkau, jangan memaksakan tempat yang terlalu jauh karena akan memberatkan salah satu teman sekelas kamu.

5. Editing & Printing
Dalam tahap ini ada baiknya jika kamu menyerahkan kepada pihak yang kamu percayakan (MO), dalam tahap ini tugas kalian adalah mendampingi dan menjelaskan visual seperti apa yang kalian inginkan serta sesekali merevisi.

Sumber : Prasisatiindomedia