Tips makanan seafood : Memilih dan Menyimpan

1 Des 2010
 www.sebuahtips.info, Chicago -  Ikan atau makanan laut adalah seringkali identik dengan bau amis.
“Bau laut itu normal, tapi tidak boleh bau amis," kata Kantha Shelke, ahli pangan dari Institute of Food Technology, Chicago.

Ikan yang segar, ia melanjutkan, harus memiliki mata yang bulat, tidak berkabut, kering dan cekung. Insangnya harus merah cerah, tidak gelap atau berlendir. Ikan juga harus lembab dan kenyal bukannya lembek. Udang, lobster dan kepiting harus memiliki ekor seragam warnanya tanpa warna lain.

Cara terbaik adalah membeli seafood dan memasaknya di hari yang sama. Jika itu tidak mungkin, simpan di lemari es atau freezer sampai dimasak di kemudian hari. Shelke menawarkan tips penyimpanan seafood:

o Ikan, udang, kerang, udang air tawar dan lobster dapat disimpan dalam kantong penyimpanan tertutup rapat atau wadah plastik dan disimpan di atas es di kulkas. Dengan menggunakan metode ini, kerang dan cumi akan tetap segar hingga 3-4 hari. Sedangkan ikan akan segar dari 5 hingga 7 hari.

o Kerang, cumi dan ikan dapat dibekukan dalam air dan disimpan di dalam lemari es selama empat sampai enam bulan (0 derajat Fahrenheit atau lebih rendah).

o Kepiting dapat disimpan sampai dua hari jika dibungkus dalam plastik dan dikemas dalam es di lemari es. Mereka dapat terus selama enam bulan ketika dibungkus beberapa lapis plastik dan disimpan dalam freezer (pada 0 derajat Fahrenheit).

Nur rochmi | Healthday

Tidak ada komentar:

Posting Komentar