Tips Cara menghemat Penggunaan Air COnditioner atau AC

3 Mei 2011

Sebuah Tips - Panas terik matahari pada siang hari yang Anda rasakan terkadang masih terasa saat malam hari. Alhasil, badan menjadi gerah dan berkeringat, dan ini adalah kondisi yang tak nyaman saat hendak tidur.

Cara mudah mengatasi panas memang dengan menghidupkan air conditioner (AC) atau pendingin. Namun, Anda tahu, penggunaan AC berlebihan merupakan tindakan pemborosan energi. Adakah cara untuk menghemat?

Menurut arsitek Heru Wicaksono, ada beberapa cara mengurangi ketergantungan penggunaan pendingin ruangan. Cara pertama dengan menanam rumput di atas atap. "Dulu orang menggunakan AC dengan kekuatan 3/4 PK, ruangan sudah dingin. Sekarang dibutuhkan kekuatan lebih untuk mendinginkan ruang. Bisakah dikembalikan? Bisa," kata Heru.

Heru mengatakan, menanam rumput di atas atap bisa mengurangi panas sampai 40 persen. Di atas atap rumah, Anda dapat memberi tambahan tanah sedalam 30 sentimeter dan tanaman rumput jenis gajah mini 15 sentimeter. Ketika sinar matahari menyengat, maka panasnya akan jatuh dan diserap rumput sehingga pelat beton tidak akan panas lagi.

Cara kedua, dengan menaruh tanaman di dinding atau disebut wall garden. Anda bisa menaruh tanaman-tanaman merambat yang dimediasi kawat menjulur ke atas. Tanaman merambat akan tumbuh dan menutupi dinding rumah Anda.

Lantas, masih bolehkah memakai pendingin di dalam ruang? Heru mengatakan bahwa penggunaan pendingin ruang atau AC dalam gaya hidup modern memang tak bisa dihindari. Namun, konsumen tetap diminta jeli memilih AC yang tidak menggunakan material perusak, seperti freon.

Selamat mencoba. (Natalia Ririh)
kompas