Tips cara menyejukkan rumah tanpa AC

2 Jun 2011
Sebuah Tips | Meski tinggal di negara tropis, kita bisa membuat hunian lebih sejuk meski tanpa AC. Thomas Ari Kristianto, designer interior dari GriyAnggita membagi tips membuat rumah lebih dingin dan nyaman.

Pertama, Teliti Dulu Arah Angin Datang 

Menurut Thomas, arah angin ini menjadi kunci anda meletakkan ventilasi. Bila sulit mendapat hembusan angin dari arah depan rumah, anda bisa memasang ventilasi lebih besar di bagian samping kanan atau kiri, bagian belakang, atau atap rumah.

’’Untuk atap pilih model split atau teknik menumpuk atap. Sehingga angin tetap masuk lewat celah,’’ saran Thomas.

Angin Mengalir Efektif dari Lubang Bawah Pintu dan Jendela

Bila anda berpikir angin di atas lubang jendela atau pintu itu lebih segar, tidak begitu menurut Thomas. ’’Angin yang paling sejuk itu justru yang mengalir di celah bawah pintu,’’ kata Thomas.

Ini dikarenakan tekanan udara di bawah pintu lebih tinggi dibanding lubang di atasnya. sehingga berasal dari bawah pintu lebih terasa sejuk dari lubang di atasnya. Selain dengan melebarkan celan bawah pintu, anda juga bisa memperbanyak ventilasi silang.

’’Perbanyak jendela di depan rumah. Udara yang masuk dari arah depan tidak bertekanan. Ini bisa membuat angin mengisi ruangan,’’ saran Thomas. Ventilasi silang membuat semua ruang dalam rumah dialiri udara.

Turunkan Suhu dengan Teduhan

Agar angin yang masuk ke dalam rumah bukanlah angin yang panas, buatlah teduhan di laluan angin. Teduhan ini dapat berupa, overhang, para-para, canopy, atau tanaman rambat.

Menurut Thomas, teduhan ini mampu menurunkan suhu antara 1-1,5 derajat celcius. Sehingga udara yang masuk ke dalam rumah menjadi lebih dingin.(she/ipg)