10 Tips Memanfaatkan Handphone Bekas

4 Mei 2013

Handphone Bekas
10 Tips Memanfaatkan Handphone Bekas

Sebuah Tips - Sudah menjadi kebiasaan orang-orang di zaman modern saat ini kalau tidak punya handphone yang baru rasanya malu sama gengsi. Maka dari itu banyak orang yang latah ikut-ikutan membeli hape blackberry atau merek lain yang mirip baik dari segi keypad qwerty, layar besar sentuh, os terbaru, dan lain sebagainya yang penting lagi ngetrend sekarang. Padahal fungsinya belum tentu dibutuhkan orang itu dan mungkin saja hp sebelumnya masih sangat bagus dan modern.

Jika kebiasaan masyarakat sudah demikian, maka otomatis akan bertebaran pula hape-hape bekas yang masih bagus dan berfungsi dengan baik. Tidak hanya di rumah-rumah saja banyak handphone lama dalam kondisi bagus, tetapi juga di counter-counter ponsel di pasar, pinggir jalan dan pusat perbelanjaan modern. Padahal hp-hp tersebut masih bisa didayagunakan dan difungsikan secara maksimal dibandingkan digeletakkan teronggok begitu saja di lemari dan laci rumah kita.

Beberapa Fungsi, Kegunaan, Manfaat Handphone Bekas Yang Tidak Terpakai Bagi Kehidupan Manusia :

1. Dihibahkan Kepada Yang Membutuhkan

Daripada tidak terpakai handhone yang lama kita berikan kepada orang yang tidak mampu, baik orang yang belum pernah punya handphone maupun yang punya handphone tetapi kondisinya tidak layak pakai dan tidak mampu membeli yang baru. Ajarkan juga cara pemakaiannya agar tidak kaget terhadap teknologi yang baru.

2. Dijadikan Handphone Komunitas

Biarkan hape baru kita gunakan untuk nomor lama dari operator seluler gms maupun cdma yang itu-itu saja, namun yang lama bisa kita dayagunakan khusus untuk komunitas yang simcardnya dari operator yang memberikan tarif sangat murah bahkan gratis untuk komunikasi dengan sesama operator. Nah, tinggal kita ajak deh keluarga atau teman-teman kita yang lain untuk menggunakan hape lama atau hape yang sedang digunakan dengan operator yang murah tarifnya tersebut.

3. Dijadikan Hape Cadangan

Kita harus siap waspada siapa tahu handphone kita hilang atau rusak tiba-tiba sehingga pada saat kita butuh berkomunikasi kita bisa melakukannya tanpa kesulitan karena sudah kita siapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Simpan handphone lama, simcard ponsel operator yang masih berfungsi baik baru maupun bekas, dan tidak lupa charger untuk mengisi batre. Simpan paket tersebut di rumah, di kantor, di rumah kita yang lain, dan sebagainya.

4. Dipajang Sebagai Koleksi Barang Pribadi Bersejarah Tinggi

Setiap handphone pribadi kita pasti punya cerita. Tidak ada salahnya kita ceritakan sejarah hape tersebut dalam suatu tulisan dan pajang saja menurut kreasimu sebagai barang pribadi bersejarah yang bisa dinikmati orang lain.

5. Diuangkan Untuk Sedekah atau Infak

Jika memang sudah direncanakan tidak akan pernah dipakai lagi dan kita punya rencana untuk beramal soleh, kita bisa jual handphone tersebut baik di counter hape maupun di pegadaian agar uang hasil penjualan bisa kita sedekahkan atau infakaan ke jalan yang benar untuk mendapatkan Pahala dan Ridho dari Allah SWT.

6. Dimanfaatkan Untuk Fungsi Spesifik Tertentu

Jika anda mau belajar maka anda bisa membuat handphone bekas anda sebagai alat kontrol jarak jauh untuk menyalakan lampu, membuka tutup pagar maupun pintu, buka tutup tirai alias hordeng, menyalakan alat elektronik, dan lain sebagainya. Tetapi jika tidak punya kemampuan modifikasi tingkat tinggi, kita juga bisa memfungsikan / memanfaatkan hp bekas kita sebagai alarm / jam beker, pemutar lagu, pemutar radio, pemutar televisi, alat bermain game, dan lain sebagainya.

7. Didaur Ulang / Recycle Oleh Ahlinya

Daripada dibuang langsung ke tempat sampah, lebih baik hibahkan kepada orang yang mampu mendaurulang sampah elektronik menjadi barang yang bisa dipakai kembali. Sangat berbahaya apabila sampai elektronik kita buang ke tempat sampah langsung karena bisa saja ada zat berbahaya yang dapat mencemari lingkungan dan juga merusak kesehatan manusia serta makhluk hidup lainnya.

8.Ikut Lomba Handphone

Untuk menyehatkan badan dan berhadiah yang menarik pastinya, kita bisa mengikuti lomba handphone. Biasanya lomba ini menggunakan handphone sebagai alat utamanya, seperti lomba lempar handphone, lomba atraksi dengan handphone, dll

9. Alat Pelindung Diri

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di depan, termasuk juga ketika kita berjalan-jalan dan menemukan bahaya, seperti ketemu anjing liar, ketemu jambret, maling, penjahat, dkk. Kita bisa menggunakan handphone sebagai alat kita untuk memukul atau bahkan melempar lawan agar kita bisa tetap merasa lebih terlindung

10. Pengganjal Pintu

Ini yang paling kocak gan!! Kita bisa gunakan handphone bekas kita sebagai pengganjal pintu kamar kita biar terbuka/tertutup sesuai kehendak kita. (kaskus.co.id/Wkwkwkwkwkwk)