Like Sebuah Tips di Facebook untuk selalu mendapatkan Tips - Tips Menarik lainnya setiap Hari dari Kami langsung di Wall Facebook anda

TIPS: Stand up comedy buat pemula

26 Juni 2013
Sebuah Tips - Pernah gak sih Gan, pengin jadi stand up comedian? Atau udah jadi? Atau pernah sekali tapi takut nyoba lagi karena gak ada yang ketawa? Setau ane, banyak comic-comic baru yang gak mau nyoba lagi gara-gara trauma gak ada yang ketawa. Jangan salahkan penonton, mungkin kitanya aja belum siap.

TIPS: Stand up comedy buat pemula

Jadi comic/stand up comedian itu menurut ane gak asal ngomong di depan panggung terus lucu terus dapat tepuk tangan. Kalau ngomong soal lucu, Sule juga lucu Gan hehe. Stand up comedy gak asal bikin tertawa penonton, tapi juga ngasih pesan moral ke penonton. .

Ya wes, gak usah kebanyakan basa-basi. Ane mau bagi-bagi tips buat Agan sekalian yang pengin jadi stand up comedian, terutama yang baru nyoba. Bukannya apa-apa sih, cuman pengin berbagi apa yang Ane tau Gan. Maap kalau repost

1. Tulis materi

Semua comic pasti tulis materi, Pandji, Ernest Prakasa dll. Tujuannya biar kita gak blank di atas panggung, tau dimana mau opening dan kapan mau closing. Semuanya bakal keliatan rapi kalau materinya ditulis dulu.

Banyak comic baru yang gak nulis materi gara-gara punya pemikiran kalau stand up comedy itu asal ngelucu depan panggung.

2. Jangan try to be funny

Ini juga yang membedakan stand up comedy dengan komedi lainnya, stand up comedy itu gak try to be funny (mencoba untuk lucu). Pake kostum badut, lempar-lempar tepung, dll. Memang sih, biasanya kalau baru nyoba kemungkinan besar try to be funny, sebelum terlambat ane saranin jangan. Bikin penonton ketawa gara-gara apa yang kita omongkan, jangan ketawa gara-gara kelakuan gak jelas kita diatas panggung.

3. Jangan pakai materi orang.

Materi harus 100% bikinan sendiri, gak boleh ngambil punya comic yang udah ada atau ngambil di internet "Kumpulan cerita lucu" dll. Kemungkinan sama dengan materi orang lain itu ada, kalau kata Raditya Dika, sama itu gak papa, asal gak disama-samain. Tapi, kalau ada yang bilang "Wah, materi lo sama kayak punya si Pandji". Kamu gak usah ngeyel, bikin materi baru lagi, kalah cepet itu namanya hehe

4. Jadi diri sendiri

Setau Ane, comic yang paling banyak ditiru itu Raditya Dika, Kemal, Ge Pamungkas, Fico. Ditiru dari segi materi, pembawaan, pokoknya mirip banget lah. Saran Ane sih, jangan niru karakter yang udah ada. Dari lahir kita diciptakan berbeda-beda Gan.

5. Jangan pernah puas 

Kalau udah tulis materi, gak try to be funny, gak pakai materi orang lain, jadi diri sendiri . Jangan puas dulu, kita gak akan pernah belajar kalau kita cepat merasa puas. Masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. Bisa jadi penampilan pertama pecah, tapi penampilan kedua garing. Latih terus..

6. Banyakin jam terbang 

Ngelatih itu bisa pas lagi di kost, nyetir mobil, atau pas lagi nongkrong di WC. Tapi, jam terbang itu cuma bisa didapetin di panggung openmic.

Oiya, Openmic itu panggung uji materi buat comic baru atau comic yang udah lama. GRATIS! Jangan mau Gan kalau disuruh nonton openmic bayar, atau bayar buat tampil di panggung openmic. Jangan pernah berharap kalau openmic itu pasti lucu, ada yang lucu, ada juga yang gak lucu. Namanya juga gratis + uji materi hehe. Kalau stand up show itu si comic dibayar, atau penonton yang bayar buat nonton comic. dan pasti comicnya lucu. Masih banyak yang belum bisa bedain mana openmic dan mana stand up show.

Banyakin jam terbang itu kita bisa tau, dimana letak kesalahan kita. Kurang intonasi, atau kurang yang lainnya. Comic yang udah terkenal juga openmic loh, kayak Pandji, Ernest dll. Intinya sih, kita gak bakal tau kualitas materi kita kalau gak di openmic kan.

7. Ikut komunitas itu perlu 

Kalau menurut Ane sih ikut komunitas itu wajib, Agan bisa gabung komunitas stand up comedy di kota Agan. Kalau Ane ikut di stand up Indo Malang hehe. Ikut komunitas itu enak.

Pertama: Kita bakal dikasih masukan sama comic yang udah pengalaman. Kurangnya dimana, dll. Kalau gak ikut komunitas kita pasti gak ada yang evaluasi.

Kedua: Dapet jatah manggung. Kalau ada tawaran job kemungkinan (Kalau lucu), bakal dapet job. Seneng loh Gan, udah dapet pahala bikin orang ketawa, dapet duit juga.

Ketiga: Tampil di stand up nite. Foto Ane di atas tadi, itu stand up nite 2 Malang. Stand up nite itu acara komunitas yang isinya full stand up comedy. Kalau stand up show biasa kan kita diundang buat ngisi diacara tertentu. Jarang-jarang comic bisa tampil di panggung stand up nite, karena yang tampil comic-comic terpilih di komunitas.

------------------------------------------------------------------------------------------------

Mungkin itu cukup Gan buat pemula, masih banyak ilmu yang perlu dipelajari di stand up comedy. Ane gak bermaksud ngajarin, Ane cuma pengin bagi apa yang Ane tau Gan. Masih banyak comic yang ilmunya lebih banyak dan lebih hebat dari Ane diluar sana. (kaskus.co.id/henaa)