Tips Merawat Mesin 4tak

16 Agt 2013
Sebuah Tips - Kali ini ane mau berbagi ilmu cara merawat mesin 4tak

Tips Merawat Mesin 4tak

1.Memeriksa Busi Secara Berkala
Busi sangat vital bagi kelancaran mesin motor. Checklah businya,jika sudah mencapai 12000km sebaiknya busi di ganti agar keadaan mesin terjaga

2.Memeriksa Filter Karburator
Filter karburator ada 2 jenis , yaitu basah dan kering. Umumnya motor keluaran 1990-2000an menggunakan model filter basah.Perawatannya di bersihjan dengan menggunakan bensin lalu dilumasi oli setelahnya .
Sedangkan motor keluaran 2000 ke atas biasanya menggunakan filter kering .Cara perawatannya cukup mudah , yaitu dengan di semprot menggunakan kompresor. Selain punya kelebihan model ini juga punya kelemahan gan , yaitu wajib di ganti setiap mencapai 25000km dan tidak boleh terkena oli atau minyak.motor tahun 90an biasanya tidak menggunakan filter oli, tapi untuk jenis motor 2000 menggunakan filter oli dan wajib di ganti setiap kurang lebih 10000km.

3.Memeriksa Rantai dan Gear
Jangan membiarkan rantai terlalu kendor atau terlalu kenceng ,kalo ratainya kendor cukup di setel gan . Tetapi jika kering cukup di olesi oli khusus rantai (chain lube).Biasanya rantai harusmdi ganti kalau sudah mencapai 25000 sampai 35000km. Oia jangan lupa gan check kondisi gear apakah perlu di ganti atau tidak , kalo udah tajam wajib di ganti gan kalo tidak rantai bisa putus secara tiba-tiba . Khusus motor Matic yang menggunakan Vbelt rantai tidak dapat di setel dan wajib di ganti setiap 25000km.

4.Membersihkan Karburator
Membersihkan bagian Pilot dan Main jet motor. Untuk menyel angin motor tipe manual (buatan tahun 1990 - 200an) . Tutupnbaut setelan angin dan buka perlahan berlawanan arah jarum jam . Inget ya gan BERLAWANAN. Maksimal setengah putaran. Unuk tipe vakum motor tipe 2000an ke atas juga sama, yaitu dengan membersihkan pilot dan main jet . Bedanya hanya di setelan angin, untuk tipe ini maksimal 2setengah putaran berlawan arah jarum jam. Untuk penyetelan klep motor 4 tak adalah setiap 12.000 hingga 18.000km.

5.Memeriksa Kondisi Aki
Motor buatan 2000 ke atas umumnya menggunakan jenis aki maksimal 3 tahun dan wajib di ganti. Motor yang menggunakan aki basah perlu di check setiap 10.000km bila air aki nya kering segera di isi .

6.Memanaskan Mesin Motor
Hal sepele ini terkadang sering di abaikan para pengguna sepeda motor, panaskan mesin motor sebelum di jalankan , kurang lebih 1-3 menit . Di jaga ya gan ntar ilang kalo di tinggal
Fungsi pemanasan mesin supaya sirkulasi oli dapat melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak.

7.Gunakan Sparepart Asli
Meskipun sparepart asli lebih mahal tapi kualitas tahan lama gan , dan di jamin puass

Hanya segitu ilmu yang ane punya, (kaskus.co.id/bloaderange)