Tips Mudah Belajar Bahasa Asing

15 Agt 2013
Sebuah Tips - Ane share ini bukan bermaksud ngajarin agan agan sekalian untuk bisa berbicara bahasa Asing. Tapi ane share ini untuk membuka mata agan agan agar bisa lebih mudah belajar bahasa Asing.

Tips Mudah Belajar Bahasa Asing
Ilustrasi (gotmesh.org)
Teman ane sering banget ngeluh kalo belajar bahasa Asing itu susah. Dan bahkan udah kursus bertahun tahun takkunjung bisa. nah untuk menjawab itu semua yuk mari di simak

Jangan terlalu fokus pada grammar

Kenapa demikan ?, itu karena bahasa adalah "keterampilan" bukan "pengetaahuan", loh kok gitu ?,.. ok sekarang kita pahamin pengetahuan sama keterampilan dulu.

Keterampilan itu masuk dalam ranah motoric gerak (praktek). Pelajaran seperti Menulis, mengetik, silat, berenang dll, itu semua masuk keranah motoric, dalam artian untuk menguasai hal tersebut harus dengan gerak "praktek".

Kalo Pengetahuan itu masuk dalam ranah cognitive. Pelajaran seperti, PPKN, geografi, dll. Untuk mempelajari hal tersebut agan cuma perlu baca buku dan "pahamin" isi buku maka agan akan dapet pengetahuan.

Misal ni ya, ada salah seorang anak cita-citanya jadi pemain bola sebut saja namanya Kosim, karena dia suka sepak bola orang tuanya masukin dia ke sekolah sepak bola Sukamaju FC.

hari pertama di belajar : Pengenalan Sepak bola
hari kedua : Sejarah Sepak Bola
hari ketiga : Teknik Teknik sepak bola
ampe hari terakhir : Trik Tips Ngibulin Wasit

Dari Hari pertama ampe akhir si Kosim belajar, dia tak pernah turun ke lapangan dia cuma belajar di kelas saja, nayatet buku, hafalin catetan, kerjain tugas, dsb. Agan agan pasti tau, Si Kosim gk punya "skill (keterampilan)" sepak bola tapi si Kosim cuma punya "pengetahuan" tentang sepak bola.

Lah trus apa hubungannya sama Belajar bahasa Asing ?. ok,.. ane jawab. agan misalkan dapet tawaran kerja ke Inggris nih, tapi agan kagak bisa bahasa inggris. Putar otak nyari duit sana sini agan bayar guru private buat ngajarin agan bahasa inggris.
pertemuan pertama : Agan di ajarin Sentence
hari kedua : agan di suruh ajarin bikin kalimat susuai dengan yg udah di pelajarin hari pertama
hari ke tiga : agan di suruh baca kalimat yang udah di buat.
......
hari terakhir : agan di kasih sertifikat

Trus apakah agan udah bisa Bahasa Inggris ?, Jawabannya ENGAAAAAAK solanya agan cuma dapet pengetahuan tentang pola bahasa ingrris, cara menyusun kalimat dalam bahasa inggris BUKAN BERBICARA Bahasa Inggris. Tapi kalo gk pake grammer Ancur dong bahasa kita, bisa bisa di ketawain sama orang asing ?. Sekali lagi JANGAN TERLALU FOKUS PADA GRAMMAR, Bukan Bearti gk belajar grammar, cuman porsinya di kurangin mungkin 70%prakterk 30% grammar.

Saran buat agan agan yang mau belajar bahasa asing cari tempat yang belajarnya fun dan langsung praktek ngomong, atw cara lebih mudahnya gunakan jejaring sosial untuk langsung belajar sama native speaker (pembicara asli)..

Bukan bearti pengetahuan bahasa gk di pake lo. di pake juga misal mau nulis skripsi dalam bahasa Inggris ya otomatis kita perlu pengetahuan tentang cara menyusun kalimat yang baik dan benar. Tapi, Untuk keseharian pengetahuan tentang cara nyusun kalimat "grammar" gk perlu. ngapain coba kan bahasa "alat untuk berkomunikasi" (you understand I understan Finish).

Tambahan Dari Agan sapratama

Nambahin dikit gan.
Jadi intinya praktek dulu, baru nanti diselipin teori-teori and grammar yang betul, Hal pertama dalam belajar bahasa adalah praktek dulu. Jadi kalo mau belajar bahasa asing sih, baiknya ambil kursus conversation dulu. Soalnya speaking skill di sekolah gak terlalu diperhatiin, dari dulu cuma teori-teori grammar aja (walaupun emang penting sih) tapi giliran ketemu bule cuma bisa "ah-uh-ah-uh".

Menurut ane, conversation itu penting buat meningkatkan kepedean agan dalam berbicara dan belajar bahasa asing. Kalo udah pede dan sedikit menguasai speaking skill, belajar grammar jadi lebih gampang. Buat kata-kata gaul/slang refrensinya bisa liat film2, buku2, atau di internet.

Metode yang cocok buat ane pribadi sih metode Immersion. Googling aja gan. Ane bantu (kaskus.co.id/erestudp)