Bagi Agan yang Udah Punya Anak, Nih Tips Biar Anaknya Bisa Hemat Saat Belanja

25 Sep 2014
Dengan mengajari anak untuk hemat belanja, maka agan bisa mengajari anak untuk tidak boros dan menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Mereka juga bisa belajar untuk mengatur keuangannya.
Tanpa berpanjang-panjang lagi, nih dia tipsnya ngajarin anak agar hemat saat belanja:

Siapkan Daftar Belanja
Sebelum berbelanja, sebaiknya agan menuliskan daftar barang yang diperlukan. Membuat daftar belanja akan membuat anak tidak sembarangan membeli dan juga mengatur pengeluarannya.

Menyiapkan Dana

Setelah menyiapkan daftar belanja, maka yang harus agan lakukan adalah menyiapkan dana yang dibutuhkan untuk membeli belanjaan. Katakan padanya untuk berhati-hati menggunakan uangnya saat belanja karena tidak mudah untuk mendapatkan uang. Katakan juga padanya untuk mendahulukan kebutuhan pokok baru kemudian menabung untuk membeli barang yang diinginkan.

Gunakan Uang Tunai
Ketika Anda mengajari anak untuk belanja, gunakan uang tunai, bukan kartu kredit atau kartu debit karena mereka belum terlalu tahu mekanisme kartu tersebut.

Belajar Membandingkan Harga
Ajarkan juga pada anak untuk membuat perbandingan harga barang yang akan dibelinya. Beberapa toko akan memiliki daftar harga pada setiap harganya. Dengan begitu, anak bisa membuat perbandingan harga antara merk yang satu dengan merek yang lainnya. Agan juga bisa mulai mengajarinya untuk belanja online agar dia bisa belajar membandingkan harga dari toko yang satu dengan toko lainnya.

Membandingkan Kualitas

Setelah anak belajar membandingkan harga, ajarkan juga kepadanya untuk membandingkan kualitas barang. Agan perlu mengajarkan tentang ketahanan dan kualitas dari produk tersebut. Katakan pada mereka untuk memilih merek-merek yang kualitasnya sudah terbukti. Ada barang-barang yang murah namun cepat rusak tapi ada juga yang tahan lama. Dengan begitu, anak bisa mendapatkan barang yang dengan kualitas bagus namun terjangkau. (abrahamtetra@kaskus)