tips sambut kritikan dengan tenang

2 Mar 2010
KapanLagi.com - Tak seorangpun di dunia ini yang senang dikritik, apalagi jika Anda sudah bersusah payah mengerjakan tugas atau pekerjaan, mendadak tim atau rekan Anda berkeberatan dan memberikan kritikan tak mengenakkan. Tapi kadang kita butuh kritikan karena dengan cara ini bisa membuat kita jadi lebih baik. Terkadang mendengar kritik memang menyakitkan hati, tapi jangan
khawatir ada cara untuk membuat Anda berbesar hati dalam menerima kritikan.

* Tunjukkan pada orang yang mengkritik kalau Anda mendengarkan kritikannya dengan mengangguk atau tanda exact lain yang diketahui.

* Mintalah lebih banyak informasi tentang komentar pengkritik sambil membuat diri Anda lebih tenang. Lihat dari segi positif dari kritik yang diberikan.

* Berikan tanggapan balik dengan perspektif Anda.

* Cari kesamaan antara perspektif Anda dan pengkritik, dan bangun kesamaan ini

* Tanyakan pendapatnya tentang pandangan Anda.

* Ungkapkan pendapat Anda dengan cara lain.

* Tunjukkan niat Anda untuk berkompromi. Lihat dari sisi keberatan si pengkritik dan beri tanggapan tentang bagaimana Anda akan menyelesaikan perbedaan ini. Tanyakan pendapatnya tentang solusi tersebut.

* Ingat Anda tak selalu bisa menyenangkan orang lain. Tanyakan pada diri sendiri apa pendapat pengkritik ini benar, atau hanya pendapat orang yang tidak dapat Anda senangkan
(kpl/erl) 

Sumber : KapanLagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar