[TIPS] Biar Gak Malas Belajar Matematika

20 Jul 2010
Sudah bukan rahasia lagi, kalau setiap siswa ditanya, “Pelajaran apa yang paling sulit dan bikin kepala puyeng?”. Semuanya pasti kompak menjawab “MATEMATIKA”. Bahkan ada yang menyeletuk kalau MATEMATIKA itu singkatan dari Makin Ruwet Makin Tak Karuan, gila kan? Tapi ada juga lho, siswa yang suka matematika (walaupun kalau dihitung pasti persentasinya pasti kurang dari 10%).
Masalahnya walaupun kita tidak suka, matematika adalah salah satu pelajaran yang menentukan kelulusan. Jadi harus gimana dong? Gampang, belajarlah menyukai matematika, seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Caranya, nih saya kasih bocorannya.

1. Cobalah untuk menyukai gurunya (maksudnya berusaha memahami), sehingga kalian bisa memahami jalan pikirannya.
2. Cobalah sedikit konsen saat pelajaran (jangan ngelamunin pacar melulu!).
3. Tumbuhkan semangat, saya harus bisa!
4. Terakhir, jangan suka mengeluh.

Yang saya sebutin di atas itu cuma permulaan saja. Sebenarnya, yang paling penting adalah cara belajar, jack. Maksudnya, cara belajar kita itu selama ini gimana, betul atau tidak? Yang pasti ada 2 macem, jack. Cara belajar di classroom dan studying at home. Sekarang, simak untuk cara belajar di classroom.

1. Jangan ngegossip saat guru sedang menerangkan, sebab daya rekam otak kita kecil. Lagian ngapain ngrasanin artis, dosa kan?
2. Jangan mencatat saat guru sedang menerangkan atau menulis di papan, sebab otak kita bukan intel core 2 duo (maksudnya manusia itu nggak bisa melakukan 2 pekerjaan sekaligus, jadi mustahil kita bisa menyimak sambil mencatat). Kalau mencatat tunggu saja guru selesai menerangkan.
3. Jangan sungkan untuk bertanya pada guru.
4. Jangan malas untuk mengerjakan latihan soal.
5. Hilangkan kebiasaan untuk mencontek.
6. Terakhir, jangan menunggu jawaban teman atau guru di papan. Sebab matematika itu bukan hafalan, jadi lo mesti bisa ngerjain soal itu sendiri ( Nih, saya contekin teori belajar, “ Dalam belajar yang terpenting adalah pengalaman, jadi kita harus bisa melakukan pekerjaan kita sendiri tanpa tergantung orang lain).

Sikap belajar di kelas perlu ditunjang dengan belajar di rumah, so, simak tips how to study math at home berikut ini.

1. Cobalah untuk membuka kembali catatan setelah mandi sore, sebab otak kalian masih fresh. Nah kalau ada pe-er kerjakan malam harinya (setelah sholat isya’, misalnya).
2. Belajarlah setiap ada kesempatan, jangan nunggu ulangan.
3. Bila diperlukan, kalian juga boleh kok ikut les atau bimbel.
4. Kalau tidak punya uang, kamu bisa membentuk kelompok belajar dengan teman se-gank. Manfaatnya besar lho, sebab biasanya lo-lo pada yang takut bertanya di kelas, biasanya lebih rileks kalau belajar sama teman se-gank.
5. Terakhir ( tapi yang paling penting), jangan lupa berdoa, sebab ibadah itu penting (saya rasa setiap agama mengajarkan hal itu).

Mungkin yang ane sampaikan itu cuma sedikit, jadi yang terpenting adalah motivasi belajar dari dalam diri kalian sendiri. So, jangan takut sama MATEMATIKA.

Sumber Artikel : KasKus

2 komentar: