Tips mengetahui tempat kerja bermasalah

18 Nov 2010
Jakarta (Sebuah Tips) - Anda sedang mencari untuk menemukan pekerjaan? Jangan asal tubruk dan jangan asal kena, karena boleh jadi tempat kerja yang sedang Anda bidik menyimpan sejumlah masalah di kemudian hari.

Tentu Anda tidak ingin kecewa setelah bergabung di kantor itu.Berikut sejumlah tips mengetahui tempat kerja bermasalah, sebagaimana ditulis oleh Joshua Piven dan David Borgenicht dalam bukunya The Worst-Case Scenario.

Amati betul kebersihan toiletnya. Apakah toiletnya benar-benar bersih dan apik? Atau justru terkesan jorok, dengan serakan kertas pembersih.

Kurangnya perhatian kepada hal-hal kecil mencerminkan kurangnya perhatian kepada hal-hal yang lebih besar. Biasanya membangun hal-hal besar dapat memulainya dari hal-hal kecil.

Perhatikan secara seksama kebersihan dan kebugaran udara dalam ruangan. Apakah sistem pencahayaan ruangan memadai untuk mendukung jam kerja para karyawannya.

Apakah ruangan kantor itu justru berbau asap rokok? Setiap pegawai memiliki hak dan tanggungjawab sama, yakni memperoleh udara segar dan memelihara kebersihan ruangan. Pegawai kantor yang terlihat berulangkali bersin menandakan kurangnya asupan udara segar dan bersih dalam ruangan itu.

Berikut sejumlah pertanyaan seputar tanda-tanda tempat kerja bermasalah. Apakah di ruang tempat kerja Anda terpampang di dinding gambar atau tulisan yang dapat memotivasi semangat kerja karyawan?

Apakah cukup tersedia tong sampah? Apakah sampah berserakan di lantai? Apakah karpet ruangan berdebu atau ada bercak-bercak bekas tumpahan kopi atau teh.

Bila Anda mendapati tempat kerja dengan banyak karyawan yang tertidur dan berpangku dagu di atas meja, maka Anda perlu ekstra kritis mengajukan pertanyaan mengenai kesungguhan dan ketetapan hati para karyawannya.

Kalau Anda mendapati tanda-tanda itu, maka pertimbangkan secara masak, apakah tempat kerja itu memang pas untuk Anda.
(A024/BRT)

Sumber : Antara NEWS