Tips pencegahan gigi berlubang

21 Jul 2010
Saya bukanlah seorang dokter gigi yang mengetahui masalah gigi berlubang. Melalui tulisan ini saya ingin berbagi tips pada pembaca kulinet agar senantiasa menjaga serta melakukan perawatan gigi.

Akan merasa tidak nyaman bila terjadi sakit gigi yang meradang, bila itu terjadi segera periksakan gigi anda ke dokter gigi. Karena bila masalah gigi anda sudah parah maka dipastikan anda mengeluarkan kocek dari dompet anda yang tidak sedikit. Harga sebuah gigi sangat mahal apalagi perawatan gigi berlubang hingga menambal gigi yang berlubang.

Cukup masalah gigi berlubang hanya dialami oleh anda sendiri jangan sampai masalah gigi berlubang terjadi pada anak buah hati anda. Tips yang saya berikan untuk mencegah gigi berlubang yaitu:

1. Jangan sering memakan permen, gula dan makanan yang manis karena jenis makanan tersebut membantu kerusakan gigi sehingga membuat gigi berlubang.

2. Rajin menggosok gigi setiap hari sebelum tidur malam serta setelah makan dengan pasta gigi yang direkomendasikan oleh dokter gigi anda.

3. Hindari rokok karena kandungan zat berbahaya rokok seperti tar dan nikotin membuat gigi anda kuning.

4. Gunakan tusuk gigi yang higienis bila ada makanan nyelip di dalam gigi anda.

5. Rajin mengontrol gigi anda ke dokter gigi anda setiap enam bulan sekali.

6. Gunakan kayu siwak secara rutin untuk merawat gigi anda secara alami

Tips yang saya berikan semoga bermanfaat untuk pembaca Kulinet.com agar semakin peduli pada gig dan gusi anda. Kalau anda peduli pada gigi dipastikan masalah gigi berlubang tidak akan terjadi

Sumber : kulinet