Tips hidup sehat dengan komputer

22 Apr 2010
Bagi pengguna komputer aktif, saat muncul ketidaknyamanan pada mata, kita semestinya menyadari bahwa ada sesuatu yang salah pada kebiasaan kita. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan jika kita tetap ingin sehat walaupun terlibat dengan komputer untuk jangka waktu yang lama.


Tips mengatur letak monitor komputer yang ideal

1.Jarak antara mata Anda dengan komputer sekitar 51 s/d 71 cm.

2.Pertimbangkan untuk memperbesar font ketimbang mendekatkan mata ke layar komputer.

3.Pandangan ke komputer haruslah lurus atau hanya sedikit melihat ke bawah. Ini berarti meletakkan komputer lebih ke bawah sangat tidak disarankan.

4.Jika Anda menggunakan kacamata, jangan meletakkan monitor lebih tinggi sehingga Anda harus mendongak untuk melihat ke monitor. Bagi yang tidak menggunakan kacamata, mungkin hal ini tidak begitu berpengaruh, tapi bagi yang menggunakan kacamata, pengaruhnya akan terasa sekali.

5.Pastikan cahaya yang cukup dan kurangi cahaya yang silau. Cahaya yang silau bisa disebabkan oleh letak lampu yang salah, sinar matahari, dan sebagainya.

6.Letak lampu yang ideal adalah di atas monitor atau di belakang atas monitor.

7.Aturlah settingan contrast dan brightness komputer Anda kepada level yang paling nyaman untuk Anda. Pastikan besar font yang digunakan tidak terlalu kecil dan mudah dibaca
.
8.Jagalah monitor Anda tetap bersih dengan mengelap debu yang menempel di layar komputer secara teratur.

9.Letakkan materi refensi di dekat Anda, misalnya di samping monitor Anda. Ini akan membantu Anda agar tidak menatap arah yang sama secara konstan sehingga terhindar dari problem mata lelah.

Tips bagi yang membaca melalui komputer

1.Jika Anda hanya khusus membaca (tidak melakukan aktivitas lainnya seperti mengetik, menggambar, dan sebagainya), maka istirahatkanlah mata Anda per 30 menit dengan cara memejamkannya selama 5 menit. Anda bisa melakukan pijatan ringan di sekitar mata. Lalu, lanjutkanlah membaca.

2.Print-lah bacaan tersebut. Itu jauh lebih baik ketimbang membacanya lewat monitor komputer.

3.Konsumsi vitamin A. Ini banyak terdapat pada buah dan sayuran hijau. Hal ini bagus untuk kesehatan mata. Anda bisa juga mengkonsumsi suplemen Axanthin yang mengandung banyak antioksidan.

4.Gunakan tetes mata yang mengandung hyaluronic acid 0,1% untuk mengatasi mata kering, perih, merah, berair, gatal, dan sebagainya.

Tips bagi website author

1.Gunakan font yang sesuai. Ukuran font yang baik minimal 10.
2.Gunakan warna font yang cukup jelas, sehingga mudah dibaca.
3.Gunakan background yang terang. Background gelap mudah membuat mata lelah.
4.Panjang halaman ideal adalah sekitar 450-600 kata. Ini memudahkan pembaca untuk memahami dan lebih menghemat waktu.
5.Pertimbangkan image yang besar minimal 300 x 300 pixel. Jika menggunakan image kecil, pertimbangkan untuk memperbesarnya.
6.Gunakan penjelasan yang mudah dimengerti, disesuaikan dengan target pembaca.

Sumber Artikel : Kaskus