Tips liburan hemat

15 Apr 2010
Beberapa trik di bawah ini dapat memangkas pengeluaran Anda selama liburan.

1. Bawa minuman sendiri
Bawa beberapa botol/termos minum berisi air mineral, teh, atau kopi panas. Ini akan menahan Anda untuk mampir ke kedai kopi mahal di airport.(bisa berhemat nie kalo yg beginian,,tp kalo pengen beli ya beli aja asal jangan kerasukan setan laper aja.... )

2. Bawa cemilan


Di hotel dan tempat-tempat wisata, harga cemilan bisa naik berkali lipat. Lebih baik bawa sendiri cemilan favorit Anda dari rumah, misalnya permen, kacang-kacangan, keripik, dsb. (kalo ini sih,,wajib hukumnya,,,kalo ga bawa camilan,,bisa2 kelaperan...hehehehe  )
3. Cari tempat yang tak terlalu populer
Daripada berdesak-desakan di tempat yang dijejali ratusan turis, coba cari alternatif tempat lain yang tak kalah menarik namun masih belum disentuh banyak orang. Tanyakan pada penduduk lokal. (tergantung dari orangnya sih,,kalo ane sih seneng menyendiri dan kudu jauh dari keramaian...)

4. Satu kali makan mahal
Mentang-mentang sedang liburan di kota atau negara lain, jangan membiasakan diri makan di kafe/resto sampai tiga kali sehari. Cukup pilih satu waktu makan, misalnya makan malam, untuk dihabiskan di tempat makan yang agak mahal. Sedangkan makan siang cukup di warteg ataupun warung nasi Padang rekomendasi penduduk lokal. (hahaha...emang harus...kalo ga bisa cekak tuh kantong,,,makan 3x sehari di resto mewah...bisa2 ga bisa pulang,,ga punya ongkos.... )
5. Jelajahi pasar
Anda pasti tahu bahwa pasar tradisional menyimpan harta karun berupa jajanan pasar yang sedap nan murah. Coba mampir ke sana di jam sarapan, makan siang, atau makan malam, untuk mencicipi makanan lokal wilayah tersebut. Siapa tahu Anda malah menemukan benda-benda unik untuk oleh-oleh.(wah kalo yg ini,,ga usah ditanya...ane mesti beli oleh2 ato kenang2an kalo pergi berlibur....hehehhe  )
6. Riset
Jangan pernah pergi berlibur tanpa membekali diri dengan informasi-informasi penting mengenai tempat tersebut. Berapa harga tukar kursnya (jika Anda bepergian ke negara lain), berapa harga rata-rata makanan, berapa harga tiket masuk objek wisata tertentu, berapa yang harus dibayar untuk transportasi, dll. Dengan berbekal informasi ini, Anda akan menghindarkan diri dari kemungkinan ditipu.(harus nie dapat info2 tentang tmpt liburan yg sip... )

7. Menumpang
Cari tahu apakah ada teman atau kerabat yang tinggal di kota yang akan Anda tuju. Kalo ada, jangan ragu untuk menelpon dan meminta izin menumpang tinggal di rumahnya selama liburan Anda. (tp tips yg ini yg rada malu ane ngelakuinnya...)


Sumber Artikel : Kaskus