Tips untuk tidur malam yang baik dan benar

9 Jun 2010
1. Selalu tetapkan jadwal untuk tidur malam dan patuhi jadwal tersebut.
waktu tidur yang tidak menentu tidak memungkinkan bagi tubuh Anda untuk menyesuaikan dengan ritme sirkadian (jam internal dalam tubuh atau sering dikenal dengan jam biologis) yang tepat. Ibu kita benar ketika ia menetapkan waktu kita harus pergi tidur ketika kita masih anak-anak. Selain itu, pastikan Anda mencoba untuk menjaga jadwal yang sama pada akhir pekan juga, kalau tidak pagi berikutnya, Anda akan bangun kemudian dan merasa terlalu lelah.

2. Tidur hanya pada malam hari.
Hindari tidur siang jika memungkinkan. Tidur siang hari mencuri jam dari tidur malam hari. Batasi tidur siang hari
sampai 20 menit.

3. Lakukan Olahraga
Ini benar-benar membantu Anda tidur dengan lebih baik. Tubuh Anda menggunakan periode tidur untuk memulihkan otot dan sendi. Dua puluh sampai tiga puluh menit latihan setiap hari dapat membantu Anda tidur, tetapi pastikan untuk melakukan olahraga di pagi atau sore. Latihan merangsang tubuh dan aktivitas aerobik sebelum tidur dapat membuat tidur lebih sulit.

4. Mandi dengan air hangat sebelum tidur
Mandi panas atau mandi sebelum tidur membantu membawa pada tidur karena mereka dapat mengendurkan otot tegang.

5. Jangan makan sebelum tidur
bukannya melarang makan malam, tapi hindari makan sebelum anda ingin segera tidur. Hindari makan makanan besar atau makanan pedas sebelum tidur. Berikan selang minimal 2 jam dari makan malam sampai tidur. Hal ini memungkinkan untuk pencernaan terjadi (atau setidaknya mulai) baik sebelum Anda pergi tidur sehingga tubuh Anda dapat istirahat dengan baik pada malam hari, daripada tubuh anda mencerna makanan.

6. Hindari cafein
bukan cafein yang band ntu y, tapi cafein yang ada pada kopi, coklat etc. Karena cafein membuat anda selalu terjaga sepanjang malam.

7. Baca Buku Sebelum Tidur
membaca buku dapat membawa anda menjelajahi dunia baru, dan kita berangan2 tentang dunia tersebut. Semakin lama kita membaca maka otomatis mata akan semakin lelah dan membuat kita menjadi lebih cepat untuk tidur. Dan tentunya tidur dengan nyenyak karena kita membawa khayalan kita.

8. Pakailah Pendingin ruangan
gak melulu harus AC yang dipake karena kita bisa menggunakan kipas angin yang lebih ekonomis.

9. Tidurlah dalam keheningan
tidur dengan tv menyala atau sambil mendengarkan musik adalah sesuatu yang harus kita hindari, karena membuat tubuh kita tidak benar2 beristirahat dan kita bisa sewaktu2 terjaga karena kebisingan tersebut.

10. Hindari alkohol sebelum tidur
gw tau bir bikin badan kita enteng dan enjoy (berdasarkan pengalaman pribadi) tapi perlu diketahui juga bahwa alkohol walaupun membantu kita mudah tidur tetapi ketika anda bangun pagi,..yeah man you right, badan tiba2 jadi sakit dan kepala juga jadi puyeng..tul ga?

Sumber Artikel : KasKus