Tips agar terhindar dari serangan Dehidrasi

12 Okt 2010
Surabaya - Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan kecapekan sehabis bangun tidur. Selain itu, sembelit dan susah berkonsentrasi adalah gejalan kurangnya cairan tubuh.

dr Zaenal Muttaqien Sofro, AIFM, sport & Circulatory Medicene mengatakan, banyak pemicu yang menyebabkan dehidrasi. Diantaranya, stress, makan makanan yang banyak mengandung zat kimia, atau suhu udara yang panas.

"Setiap tubuh manusia, idealnya 8 gelas per hari, per gelas 200 cc. Jangan sampai lebih dari 11 liter per hari, karena bisa keracunan," ujar dr Zaenal Muttaqien, di sela-sela acara Pocari Sweat Conference di Hotel Shangri-la Surabaya, Jalan Mayjen Sungkono, Sabtu (9/10/2010).

Ia menambahkan, pola hidup harus diubah dan harus membiasakan minum air 2 jam sebelum tidur atau selepas beraktifitas.

"Mengingat cairan tubuh ini dapat dengan mudah hilang melalui keringat atau mulut," tuturnya.

Menurutnya, tanda-tanda dehidrasi yakni berubahnya warna urine menjadi kuning. Untuk dapat mengembalikan cairan tubuh, juga dapat mengkonsumsi minuman isotonic.

"Karena ion-ion yang terkandung dalam minuman isotonik, bisa menahan hilangnya cairan tubuh manusia," katanya.

Sementara itu, Scientific Manager PT Amerta Indah Otsuka, YuliaKusumawardani mengatakan, Pocari Sweat conference 2010 dengan tema 'Be Active & Healthy' yang
bertujuan sebagai sharing knowledge tentang kesehatan kepada peserta, dilaksanakan di 13 kota seperti Yogyakarta, Makassar, Jakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Solo, Bandung, Medan dan beberapa kota lainnya.

"Kegiatan ini sebagai edukasi ke pelanggan. Kita bukan semata-mata mengenalkan produk kita, tapi lebih sharing sisi kesehatan tentang pentingnya cairan tubuh pada manusia yang dapat dikombinasikan dengan produk," jelas Yulia.
(bdh/bdh) 


Sumber : Detikcom