Tips Sukses berwirausaha dari Edwin Soeryadjaya

30 Nov 2010
Edwin Soeryadjaya
www.sebuahtips.info>,JAKARTA--Pengusaha sukses, Edwin Soeryadjaya, memiliki sejumlah tips agar seseorang bisa menjadi seorang wirausahawan yang berhasil dalam menggapai tujuan dari usaha yang didirikannya.

"Entrepreneur (wirausahawan) harus mau berusaha dengan gigih. Never give up!" kata Edwin setelah dianugerahi penghargaan Ernst & Young Entrepreneur of The Year 2010 di Jakarta.

Pendiri perusahaan investasi terkemuka di Indonesia, Saratoga Investama Sedayo, ini menyimpulkan bahwa seseorang yang ingin menjadi seorang wirausahawan harus memiliki kemauan yang kuat. Selain itu, lulusan University of Southern California tahun 1974 itu juga mengatakan, wirausahawan harus memiliki mimpi atau idaman yang akan dicoba untuk dicapainya.

Dalam mendefinisikan wirausahawan, Edwin yang pernah sukses dalam menangani IPO (Initial Public Offering) saham Astra pada Februari 1990 mengatakan, wirausahawan adalah seseorang yang mempunyai ide yang bisa dikembangkan sebagai suatu usaha yang bisa menguntungkan berbagai pihak.

Komisaris Utama PT Adaro Energy Tbk, ini mengemukakan, berbagai stakeholder (pemangku kepentingan) yang harus diuntungkan adalah pemerintah, konsumen, karyawan, dan pemegang saham. Ia juga melihat Indonesia sebagai sebuah negara yang memiliki banyak kesempatan sehingga ia mengutarakan harapannya agar semakin banyak pula orang di Indonesia yang bertekad menjadi wirausahawan.

Edwin mengungguli sejumlah finalis lainnya antara lain Antarina SF Amir (High Scope Indonesia Institute), Elang Gumilang (Elang Group), Erwin Aksa (Bosowa), dan Reggy Wijaya (PT Tetra Konstruksindo).

Sedangkan Rawono Sosrodimulyo (PT Aditec Cakrawiyasa) menjadi pemenang dalam kategori "Manufacture Innovation Award", Tan Eng Liang (SOHO Group) menjadi pemenang dalam kategori "Health Product Innovation Award", dan Santoso (KBR68H) menjadi pemenang dalam kategori "Social Entrepreneur Award".

"Para finalis tersebut telah menunjukkan sumbangan pentingnya pada negara ini, dengan membawa perusahaan mereka hingga ke tingkat suksesnya sekarang ini," kata CEO Ernst & Young, Giuseppe Nicolosi.

Menurut Nicolosi, para wirausahawan itu juga telah memotivasi generasi wirausahawan mendatang dan dengan demikian memperkaya budaya kewirausahaan yang terdapat di Indonesia.

Sumber : Republika