SHARE + TIPS MEMBUAT FILM SEMI DOKUMENTER TRIP PAKE SEPEDA [JOGJA MBLUSUK INSIDE]

16 Agt 2013
Sebuah Tips - salam gan, kali ini kami mau share film semi dokumenter tentang sepedahan. hobi sehat, murah, dan seru.

di film kali ini, kami mau nunjukin dokumentasi perjalanan kami ke Jurang Pulosari, Bantul, Yogyakarta. Lokasinya "mblusuk" banget. Setengah terakhir perjalanan dominasi tanjakan dan diakhir bakalan 100% offroad dengan setengahnya gabisa di-goes.

langsung aja cekidot gan.


Oiya, kami mau sekalian bagi2 tips nih gan berdasarkan pengalaman kami.

1. Siapin kondisi fisik. Sepedahan jarak jauh aja udah cape, apalagi sambil buat film. capenya double.

2. Perkirain dan kalo bisa pastiin cuaca yang cerah buat perjalanan. Agan sekalian kan bawa gear minimal kamera. jadi repot kalo kehujanan.

3. Bawa peralatan seminim mungkin. Utamain gear utama aja gan. dan bawa lensa maksimal dua. Kalo menurut kami mending satu aja sih. Soalnya repot kalo harus ganti-ganti diperjalanan. bawa aja lensa terbaik yang agan punya.

ini list bawain kami kemarin :
1. Canon DSLR EOS 600D
2. Tripod

kalo ada mic kecil bawa aja gan, lumayan buat sesi interviewnya.

4. Sebelum berangkat, siapin konsep dokumenternya. Terus kalo bisa udah tau medan yang mau dihadapin. Jadi pemakain kamera bisa efisien buat nangkep momen yang pasti kepake aja.

nge-take gambar sambil sepedahan itu susah. pilihannya cuma dua, naik turun sepeda, atau ngerekam pake satu tangan. Kecuali agan punya GoPro. kamera bisa on terus dan ditempel dimana aja pake mountingnya.

5. kalo perjalanan jauh, bawa cadangan batere. ini kenapa harus tau medan gan. jadi bisa perkirain daya rekam batere sama durasi perjalanan. Kalo cuma punya batere satu, yaa harus ngirit-ngirit. nge-take gambar cuma di spot-spot tertentu aja.

tapi kami lebih rekomendasi siap batere lebih sih gan. biar bisa nangkep momen lebih banyak. jadi alternatif gambarnya lebih banyak pas editing. apalagi kalo agan jalan tanpa konsep. kamera mesti on terus. mana tau agan nge-skip momen gara-gara kelamaan nyiapin kamera.

6. yang terakhir. harus berani gan. medan perjalanan itu macem-macem, kadang ada yang ekstrim banget. tapi kan di medan ini justru agan pengen punya gambar banyak. jadi harus berani nge-take. jangan takut kamera kenapa-kenapa. asal hati-hati, insyaallah aman.

terus kan agan sepedahan repot kalo naik turun. bisa makan waktu perjalanan juga. kali aja agan ngejar sunset atau sunrise, jadi harus lancar jalannya. nah kalo udah gini, pilihannya cuma nge-goes sambil nge-take.

tips dari kami, kalungin kamera, sama tas-nya di dada. dan sebisa mungkin pake tas yang pas satu kamera. jadi pas kamera mau dipake nge-take, tinggal dikeluarin aja dari tasnya sambil terus nge-goes. terus kalo udah, tinggal dimasukin lagi aja, dan resletingin tasnya setengah aj. asal kameranya udah gabisa keluar. jadi gampang dibukanya.

yaudah gan segitu aja dulu. semoga bermanfaat. silahkan dicoba gan, absi itu share videonya disini.

salam

artdicted studio
www.artdictedstudio.com
www.youtube.com/artdictedfilms (kaskus.co.id/studioartdicted)