Tips Untuk Merdeka

16 Agu 2013

Sebuah Tips - Hi para Juragan, hari ini adalah hari Kemerdekaan negara kita tercinta yang ke-68 tahun. Dengan kata lain, negara kita sudah diakui oleh dunia sejak 68 tahun yang lalu. Kalau merdeka bagi suatu negara kan jelas ya, diakui dunia. Titik. Kalau merdeka buat kehidupan Agan apa?

Merdeka di sini saya artikan dengan sebuah tujuan. Kalau Agan ngga tau apa yang menjadi tujuan hidup Agan, ya jangan kaget kalo dalam hidup ini Agan ngga akan pernah ‘merdeka’. Lah iya kan.. kalau kita ngga tau apa yang mau kita capai, ya apa yang bisa kita capai? Yang ada, malah galau. Tiap hari cuma ngelakuin hal-hal yang sifatnya rutinitas doang; hidupnya ngga ada tujuan dan tanpa makna.

Bagi saya, ‘merdeka’ itu ketika saya bebas ngelakuin apa aja yang saya mau, kapan aja. Ngga lagi kepentok ketika misal mau berlibur, kemudian ngga bisa karena saya harus kerja. Ketika mau bangun siang, ngga bisa karena harus pergi kerja. Ketika mau makan di restoran mahal, ngga bisa karena keuangan lagi cekak. Ketika mau menyumbang ke panti asuhan, ngga bisa juga karena lagi cekak, dan lain-lain.

Sejujurnya, saya sendiri merasa belum ‘merdeka’. Saya belum bisa melakukan semua yang saya mau, kapan aja. Saya masih harus bertanggungjawab membesarkan perusahaan-perusahaan yang telah saya bangun. Saya masih belum bisa melepaskan perusahaan-perusahaan saya berjalan 100% sendiri dan uang mengalir ke kas saya dan perusahaan. Perusahaan-perusahaan saya masih membutuhkan kehadiran saya untuk ide-ide, maupun pengambilan keputusan.

Dengan kata lain, kalau mau diringkas, arti ‘merdeka’ buat saya adalah ketika saya sudah secara finansial: merdeka. Meski saya belum ‘merdeka’, setidaknya saya punya tujuan ke arah sana, dan setiap hari setidaknya saya tahu arah yang mau saya tuju.

Kalau kebetulan arti 'merdeka' Agan dengan arti 'merdeka' saya itu sama.. tipsnya cuma 2: berbisnis (miliki perusahaan) atau jadi investor (saham, properti). Karena sebagai karyawan atau self-employed (MC, Pembicara, Dokter, dll), mereka akan terus harus bekerja untuk mendapatkan uang. Kalau punya bisnis yang menguntungkan atau investasi di saham yang menguntungkan dan punya properti yang menghasilkan uang, tanpa harus 'ngapa2in', uang akan mengalir masuk terus. Apakah segini gampangnya di realitanya? OF COURSE NOT!

Kalau arti 'merdeka' kita berbeda, ngga apa-apa. Ngga ada yang salah koq. Yang penting, ketahui apa arti merdeka buat diri Agan. Ingat, ‘merdeka’ sendirian ngga enak. Kalau bisa ‘merdeka’ bareng-bareng, kenapa ngga? Maksud saya, dalam perjalanan menuju ‘kemerdekaan’, jangan lupa untuk berbagi..; apalagi kalau sudah ‘merdeka’. OK?

See you ON TOP!

Billy Boen
CEO, PT. YOT Nusantara
Shareholder, Rolling Stone Cafe Jakarta & PT. Jakarta International Management (JIM)

@billyboen
facebook.com/billyboenYOT
www.youngontop.com

Tidak ada orang sukses yang tidak mengenali dirinya sendiri. Seberapa seimbang hidup Agan? Ambil Tes Keseimbangan Pribadi (TKP) di sini: www.youngontop.com/balpil sekarang!

***Saksikan YOTMetro setiap hari Sabtu pukul 13.30-14.00. Hari ini akan bahas tentang "Kuliah Dalam Negeri Vs. Kuliah Luar Negeri" bersama Dolly Lesmana, CEO Arka Media Group dan Elang Gumilang. (kaskus.co.id/BillyBoen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar