Tips untuk menjadi relawan saat liburan

5 Nov 2010
BAGI sebagian orang, bekerja pada liburan jauh lebih bermanfaat daripada duduk di sebuah pantai atau menjelajahi bangunan bersejarah. Dengan mengisi liburan sebagai relawan, Anda tidak hanya mendapatkan sebuah perjalanan tapi pengalaman yang pastinya akan sangat berarti dalam kehidupan.

Anda tertarik? Anda bisa memperhatikan langkah-langkah dari independenttraveler.com berikut ini:

1. Memulai
Anda harus mulai meneliti dan merencanakan perjalanan tidak kurang dari tiga bulan sebelum dimulainya rencana liburan relawan. Langkah pertama adalah menemukan sebuah organisasi yang mempromosikan program-program yang sesuai dengan minat Anda.

Ada banyak organisasi yang akan membantu Anda melalui setiap langkah perencanaan liburan relawan. Anda bisa memulainya dengan membuka situs TransitionsAbroad.com yang mempunyai link ke beberapa organisasi untuk liburan relawan, atau Anda bisa mengunjungi Idealist.org.

2. Apa yang Anda harapkan
Singkatnya, Anda dapat melakukan perubahan di suatu tempat di dunia dan sekaligus mengubah diri sendiri. Ketika bekerja, Anda akan berbaur dalam budaya lokal dalam liburan yang khas. Pada saat yang sama, Anda akan bertemu orang baru dan mengembangkan persahabatan yang mungkin bisa berlangsung seumur hidup. Anda akan melihat dan melakukan sesuatu yang baru, berbeda dan berharga setiap hari.

3. Bekerja dan bermain
Selain berlibur, Anda bisa membagikan ilmu yang berharga atau hal lainnya kepada penduduk lokal. Semua tidak hanya tentang bekerja karena biasanya Anda akan mendapat waktu santai di saat malam atau akhir pekan. Pemandu lokal dan koordinator program biasanya akan membantu memilih kegiatan menarik untuk waktu luang Anda.

4. Siapa yang bisa jadi relawan
Tidak ada batas usia untuk liburan relawan. Baik muda ataupun tua bisa menjadi relawan namun program kerjanya harus sesuai dengan kemampuan fisiknya. Sebuah liburan relawan adalah cara yang bagus untuk meluangkan waktu dengan berbagai kegiatan yang berarti.

5. Biaya dan beban
Anda akan bertanggung jawab atas semua biaya, termasuk pembelian tiket penerbangan. Karena semua hal ini tentang memberi, uang yang Anda keluarkan benar-benar digunakan untuk membantu orang lain yang lebih membutuhkan. Untuk membantu menutupi biaya liburan relawan, buku panduan akan banyak berisi saran rincian penggalangan dana.

6. Perlukah keterampilan khusus?
Secara umum tidak, sehingga memungkinkan Anda menjadi sukarelawan di hampir setiap bagian dari dunia dan mampu berkomunikasi dengan masyarakat setempat selama perjalanan.

Buku panduan program akan membantu Anda dengan setiap aspek dari liburan relawan yang telah dipilih. Ketika tiba di lokasi, Anda akan diajarkan segala sesuatu yang perlu dketahui agar bisa menyelesaikan pekerjaan dan menikmati hari-hari di sana.

Ketika kembali ke rumah, satu hal yang pasti, Anda akan mendapatkan pengalaman yang berarti dalam kehidupan kelak. Tapi yang lebih penting, Anda telah berkontribusi besar bagi banyak orang di suatu tempat di dunia.

Bila dihubungkan dengan kondisi di dalam negeri, Anda bisa mengikuti program yang ada di kampus dan lembaga lainnya untuk membantu korban bencana. Kesenangan liburan relawan bisa Anda dapatkan dalam sudut pandang yang berbeda.(*/X-12)

Sumber : Media Indonesia