Tips Pakaian bersepeda saat malam hari

3 Mar 2011

SebuahTips - Mengendarai sepeda di malam hari bisa sangat berbahaya. Namun, jika Anda telah mengambil tindakan pencegahan sebelumnya bersepeda di malam bisa sangat aman. Seperti apa?

Hal yang perlu ditekankan saat bersepeda di malam hari adalah buatlah diri Anda setampak mungkin di mata pengendara mobil. Selain itu, Anda harus meningkatkan kewaspadaan Anda akan lingkungan sekitar. Berikut instruksinya.

1. Berpakaianlah menggunakan warna cerah, seperti putih, kuning. Hindari memakai pakaian berwarna gelap yang bisa membuat Anda tak terlihat oleh pengendara mobil. Helm berwarna terang juga harus dipertimbangkan.

2. Tambahkan panel pemantul cahaya pada pakaian. Sebagian besar toko sepeda menjual stiker reflektor yang dapat dipasang ke berbagai pakaian. Rompi peflektor yang pas untuk pakaian bersepeda pun tersedia.

3. Pakailah gelang reflektor. Gelang ini bisa membuat penampilan menjadi dinamis di mata pengemudi mobil. Anda juga bisa mengenakan pita reflektor di pergelangan tangan, helm, atau pada bagian lain dari tubuh.

4. Pakai selotip reflektor di lokasi strategis sepeda. Sementara sepeda telah dilengkapi reflektor standar di depan, belakang, samping dan roda, Anda bisa menambahkan selotip ini ke berbagai bagian sepeda agar Anda terlihat di malam hari. Tempelkan pita reflektor di sekitar botol air Anda untuk perlindungan ekstra.

5. Tingkatkan kesadaran Anda ketika bersepeda di malam hari. Semua reflektor tak akan mencegah Anda dari kecelakaan jika Anda sembrono saat bersepeda di malam hari. Jauhi daerah yang banyak lalu lintasnya, hindari kecepatan berlebih atau manuver tiba-tiba. Cobalah tetap pada jalur sepeda bila memungkinkan.
Sumber: Inilah