Tips untuk anda yang ingin membeli mobil baru

4 Mar 2011

SebuahTips - Bila memiliki dana yang cukup untuk membeli mobil baru, perlu mengikuti trik tertentu agar tidak menyesal dalam memilih kendaraan idaman.

langkah awal, pembeli harus jelas dalam menetapkan tujuan membeli mobil tersebut. jangan sampai terbawa arus salesman yang lihai menggiring anda untuk membeli mobil lain.

umumnya ada tiga macam alasan mengapa seseorang membeli mobil. Pertama, untuk memenuhi kebutuhan dasar sebagai alat transportasi sehari-hari. Kedua, untuk menunjukkan status atau citra diri di lingkungan masyarakatnya. Ketiga, untuk mendapatkan kepuasan diri sendiri atau menyalurkan hobi.

Golongan terakhir ini biasanya sudah memiliki mobil lain sebagai alat transportasi harian.

Bila anda termasuk kelompok pertama, belilah mobil serba guna, seperti minibus atau yang lebih kecil, model city car.

kalau anda mengejar status, pikirkan kembali citra diri apa yang akan ditampilkan. Contohnya, mobil mewah keluaran Jerman agar anda terlihat seperti eksekutif muda yang sukses atau sekedar sebagai orang kaya yang mentereng.

Bila anda termasuk golongan yang ketiga, maka pilihan anda sangat luas karena yang dicari mutlak "kesenangan". Harga mobil dan resale value tak jadi soal buat orang seperti ini.

langkah kedua, ikuti tips berikut :

- Lihat harga mobil di Indonesia berdasarkan daftar harga dari ATPM, tapi kunjungi lebih dari satu dealer. Biasanya ada perbedaan layanan tiap dealer, seperti bunga leasing lebih murah dan servis mobil gratis.

- Jangan lupa meminta saran/usul dari teman atau keluarga yang hobi atau lebih mengenal mobil yang ingin dibeli, karena masukan mereka sangat berguna.

- Kalau ingin tukar tambah, jangan buka harga dulu sebelum tahu harga mobil baru. Karena biasanya harga mobil baru lebih mahal, disebabkan beban dealer membeli mobil anda.

- Pilih warna dan aksesoris yang banyak diminati. Jangan sembarangan memilih warna dan aksesorisnya. Misalnya mobil dengan varian transmisi otomatis lebih populer, pilihlah varian tersebut. Info bisa diperoleh melalui sales di dealer mobil.

- Pilihlah mobil populer untuk menjamin harga jual kembali yang menguntungkan, ketersedian spare parts dan fasilitas service lengkap.

- Sadari keterbatasan anggaran. Jangan tergiur membeli mobil lebih mewah. Selain memberatkan anggaran, biaya perawatan dan operasional harian, relatif lebih mahal.

- Terakhir, jika penjual mobil tersebut meragukan, sebiknya tunda pembelian mobil, kunjungi dealer yang lain. Semoga bermanfaat ! (*/abi)