9 Tips mengatasi rasa malu

26 Jul 2012
Sebuah Tips - Setiap orang kadang kala merasakan malu. Tapi merasa terlalu malu sangat berdampak negatif dikehidupan anda, karena itu dapat menjauhkan anda dari kesuksesan.

Jadi, bagaimana caranya untuk mengatasi Rasa Malu tersebut?? berikut ini adalah beberapa tips buat anda jika anda sering merasa malu..

1. Ketahui diri anda mengapa anda merasa malu ketika berada di sebuah tempat. Apakah anda takut seseorang mencibir tentang bentuk fisik anda? atau anda takut berbuat kesalahan/kekeliruan? Ingatlah, bahwa pasti ada sebuah alasan mengapa anda bereaksi didalam sebuah situasi tertentu.

2. Bersikaplah bahwa anda tidak pernah merasa malu. Anggaplah diri anda sebagai orang yg penuh dengan kepercayaan-diri. Angkat dagu anda, busungkan dada anda, berjalanlah dengan cara kasual, berbicaralah layaknya orang yg bermartabat. walaupun itu terkesan agak weird/aneh, tapi anda akan lihat dampak positifnya kelak nanti.

3. Biasakanlah melakukan kontak mata ketika berbicara. Selalu tersenyum ketika berinteraksi dengan orang lain. Mulailah bergabung/beradaptasi dengan orang-orang disekitar anda yg belum sama sekali anda kenal. Mulailah percakapan dengan mereka, baik itu soal hobi, berita, atau sekedar gossip.

4. Berpenampilanlah yg menarik. Kembangkan kesadaran diri anda dengan selalu berpenampilan menarik. berhentilah untuk mengkritik diri sendiri. hiburlah diri anda, dan Percaya Dirilah..

5. Kurangi ketakutan anda akan penolakan. Bagaimana caranya? dengan cara membayangkan kemungkinan terburuk yg akan terjadi. apabila anda mendekati seseorang, kadang mereka akan berkata "Tidak" atau mereka hanya pergi berlalu begitu saja. Ingatlah, bahwa setiap orang telah merasakan ditolak dalam satu momen penting, tapi tidak ada seorang pun yg selalu merasa ditolak seumur hidupnya dalam segala hal..!!!

6. Perhatikan dan Pelajari. Perhatikan teman anda yg tidak merasa malu. atau coba perhatikan orang lain yg juga tidak merasa malu. Pelajari apa yg mereka perbuat dan apa yg mereka lakukan. Kemudian, cobalah praktekkan apa yang seperti mereka lakukan di kehidupan anda.

7. Berfikirlah positif tentang diri anda. Jangan terlalu gampang frustasi. Cerialah. Ingat, tujuan utama adalah bagaimana kita bisa merasakan bahagia. Jadi apabila ada seseorang yg tidak suka dengan anda, jangan khawatir, ditempat lain masih banyak orang yg menyukai anda..

8. Berhentilah berbicara pada diri sendiri. Adalah seorang yg pemalu, yg sering kali berbicara pada dirinya sendiri disegala situasi dan kondisi. Belajarlah untuk selalu mengungkapkan semua yg ada di kepala dan hati anda..

9. Yang terakhir.. Ingatlah, bahwa bukan cuma anda seorang yg merasa malu di dunia ini. Rasa malu itu bukanlah sebuah dosa besar. terkadang orang lain juga merasakannya. Apabila orang lain tersebut bisa mengatasi rasa malunya, mengapa kita tidak??

#antivirus.exe - Sebuah Tips