5 Tips Cara sederhana Mengglobalkan Bisnis

8 Des 2012
5 Tips Cara sederhana Mengglobalkan Bisnis
Bisnis Go Global (ilustrasi inet)

Sebuah Tips - Gan, tempo hari ane ikutan acara halal bi halal komunitas (emang sebagai panitia juga sih..hehe). Nah, disitu ada sharing gan dari beberapa narasumber. Narasumber yang okeh banget gan. Istilah kalo anak2 sekarang ya, “Gue emang harus bilang WOW gitu!” hehe

Sesi sharing dibuka dengan presentasi dari Ibu Lyra Puspa, Pendiri PILLAR Busines Accelerator, beliau menyampaikan Indonesia Entrepreneur Outlook 2012 yang isinya itu gan, data dan fakta yang mungkin selama ini belum kita tau. Informasi yang menggugah kesadaran dan optimisme untuk membangun dunia kewirausahaan Indonesia. Paling nggak, ada lima aspek kesadaran gan yang perlu dibangun dan ditingkatkan, yaitu sadar brand, sadar finansial, sadar komunitas, sadar online dan sadar spiritual. Nah, lima sadar ini kemudian menjadi kerangka dalam diskusi berikutnya yang menghadirkan beberapa tokoh dibidangnya masing-masing. Cuma di thread kali ini ane fokus dulu ke salahsatu topik.

Sadar brand melahirkan topik diskusi yang menarik, yaitu bagaimana bisnis UKM bisa go global. Bagaimana mengglobalkan bisnis UKM, bagaimana kiatnya disampaikan secara sederhana namun sangat mengena oleh narasumber tamu yang khusus diundang, yaitu oleh Bpk. Cristovita Wiloto, beliau adalah pendiri Komunitas Indonesia Youth Entrepreneur (IYE).
Harus disadari emang indonesia luas banget gan, penduduknya banyak. Jangan salah, dengan kondisi yang seperti ini bukan berarti kita melepaskan begitu aja peluang yang ada di luar. Kenapa?? Karena di luar sana ada pasar yang jauh lebih besar gan. Jadi, sayang banget donk kalau dicuekin! Selain itu ada potensi keuntungan yang juga lebih besar ketimbang kita hanya bermain di pasar lokal. Apa itu? Tingkat harga gan! Barang 2 kita, punya nilai jual yang sangat tinggi diluar sana. Ini potensi.

"Ah, buat bikin bisnis kita global kan gak gampang gan! Pasar lokal aja kita masih empot-empotan..gimana mau jualan keluar ?? “ Tenang gan, Bisnis Go Global bisa dimulai dengan hal yang mudah. Kalau pun belum punya produk, ya bisa jual produk orang lain. Kayak kasus orang bule ini gan, yang diceritakan oleh narasumber. Si Bule kunjung ke Bali, suka banget tuh doi sama produk-produk kerajinan Indonesia. Emang dasar dia cedik ya gan, dengan modal camera die jeprat-jepret dah tu barang-barang kerajinan yang di pajang di toko-toko. Doi sengaja emang keliling khusus untuk ambil gambar barang-barang kerajinan. Uda dapet fotonya gan, di pasang lah di web yang dia punya. Tau sendiri kan gan, website itu toko yang bisa dilihat siapa aja di mana aja. Apalagi kalau website itu bisa dimengerti orang yang lihat. Potensial banget gan buat jualan. Dengan begitu aja, tanpa punya produk kerajinan, doi udah bisa jualan. Doi aje bisa, masa sih kita nggak bisa?! Bukan begitu gan?!

Okeh, kira2ini poin yang mau ane share gan. Cekidot ya..

Pertama, Kita kudu sadar betul, diluar sana ada potensi pasar yang besar gan. Jangan hanya puas bermain di kampung sendiri.Bukalah pangsa pasar baru.

Kedua, Online-kan kita punya bisnis. Bikin websitenya. Nggak mesti mewah banget yang penting bisa untuk majang produk agan. Sambil jalan bolehlah dipercantik tampilannya, dipercanggih fitur-fiturnya.

Ketiga, kalau beneran mau bisnis agan Go Global Pastikan web agan bisa dimengerti oleh orang luar sana. Web agan harus berbahasa segmen yang agan tuju. Kalau agan mau produk agan dibeli sama orang cina, ya pake bahasa mandarin, kalau jualan agan mau dibeli sama orang-orang timur tengah ya pake bahasa arab gan. Seminimal mungkin ya bahasa inggris gan.

Keempat, ada keluhan, “yah, ane kaga bisa bahasa inggris gan, gimana donk?? “ Gampang! pake aplikasi2 yang ada, bahkan ini gratisan. Kalau nggak pandai bahasa inggris pake aja google translate, tinggal Copas gan (Copy Paste-red). Gampang kan?! Kedepan, Kalau mau yang lebih bagus, pake jasa penerjemah, atau rektrut karyawan yang pandai bahasa asing.

Kelima, JANGAN jual produk mentah keluar negeri ya gan, sayang banget! Jualah produk2 jadi karena nilai tambahnya lebih besar. Kalau Cuma jualan barang mentah, orang luar sana justru yang paling menikmati keuntungannya.

Gimana, simpel aja gan, kalaupun agan belum punya produk sendiri, contoh aja kasus si Bule di atas, cuma modal kamera dan website, ditambaah agan bisa pake Google Translate sudah sangat mungkin dan BISA mengglobalkan bisnis agan.

Bisnis Go Global ... Are You Ready....??

Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016782366/5-tips-sederhana-mengglobalkan-bisnis/