Tips Melatih Performa Gowesan

30 Mar 2013
Tips Melatih Performa Gowesan
Sepeda BMX (sepeda-lintas-cakrawala)
Sebuah Tips - Sekedar sharing aja, selama ini saya coba mempertahankan stamina bersepeda, maksudnya...yach supaya tdk ketinggalan sama yg lainnya.

Saya menggunakan sepeda MTB XC, latihan dimulai dgn membiasakan dan mengukur rata2 kecepatan pada setiap speed, sy mulai dgn speed 1.6842 (gear depan 32 dan gear belakang 19 atau 32/19) dengan rpm rata2 80-90 rpm. Bagi yg mempergunakan speedometer sangat mudah memonitor apalagi kalo dilengkapi dgn Menu cadence. Namun tanpa alat itupun masih bisa dirasakan berapa kecepatannya.
Bila speed tsb terasa ringan bisa ditingkatkan dgn speed 1.8823 ( 32 / 17 ) dengan rpm yg sama. Dan yg lebih penting jangan lupa memonitor denyut nadi jangan sampai masuk ke zona anaerobik atau lebih dari 120-125 denyut permenit. Apabila denyut nadi melebihi zona aerobic, artinya latihan anda melampaui batas. hal ini ditandai dgn nafas yg ngos2an dan berbicara yg tersendat2 tdk bisa ngatur nafas lagi.

Latihan sebaiknya dilakukan setiap anda bersepeda dgn tujuan kemana saja, krn dgn speed tersebut rata2 kecepatan adalah 20-25 km/jam. Kalo b2w dalam kota jakarta memang agak sulit melatih gowesan, karena terhambat kemacetan, namun disela2 tdk macet msh bisa dilakukan metoda ini.

Metoda ini sangat baik bagi pemula untuk menjaga stamina, bagi seklas atlit tentu terlalu ringan dgn beban spt diatas. (kaskus/Jakatawakalna)