[Tips] buat pengendara mobil yang sering pegel2 kena macet

25 Jun 2013
Sebuah Tips - Gerakan Sederhana Untuk Relaksasikan Otot-Otot Tubuh

Saat mengendarai mobil terkadang kita merasa letih dan pegal-pegal di lengan, bahu, pinggang, ataupun kaki, terutama ketika menempuh perjalanan jauh atau terjebak di tengah kemacetan. Semakin lama duduk di jok mobil tentunya semakin tegang otot-otot tubuh kita. Oleh karena itu, setiap dua jam mengendarai mobil, kita perlu melakukan relaksasi otot agar tidak tegang sekaligus mengurangi pegal-pegal di beberapa anggota tubuh.

[Tips] buat pengendara mobil yang sering pegel2 kena macet

Berikut ini beberapa gerakan sederhana untuk relaksasi otot, yang kami rangkum dari berbagai sumber, yang dapat Anda lakukan dalam waktu singkat, yaitu :

Pertama, angkat kedua lengan sejajar bahu, arahkan kedua telapak tangan menghadap ke depan. Gerakan kedua lengan naik turun secara bergantian. Lakukan berulang-ulang. Gerakan ini untuk mengurangi ketegangan otot di pergelangan tangan, lengan dan bahu.

Kedua, luruskan kaki ke lantai mobil, sandarkan badan ke jok mobil sampai mentok ke belakang dengan tumpuan pinggang sebagai pusat beban. Kedua tangan mengenggam setir dengan kuat, tahan 5-10 hitungan, pada saat yang bersamaan tahan nafas Anda. Gerakan ini untuk mengurangi ketegangan pada otot pinggang , kaki dan pergelangan tangan.

Ketiga, bungkukan badan dengan menarik perut hingga tangan menyentuh pergelangan kaki. Tahan selama 5-10 hitungan, kemudian perlahan duduk ke posisi semula. Gerakan ini bertujuan mengurangi ketegangan otot di pinggang dan bahu.

Keempat, angkat lengan setinggi bahu, lemaskan pergelangan tangan, arahkan jari-jari ke depan. Tarik ujung jari manis, telunjuk, jari tengah salah satu tangan menggunakan tangan yang lain, sampai pergelangan tangan menekuk ke bagian dalam. Lakukan hal yang sama pada tangan yang satunya.

Kelima, luruskan kedua kaki sambil berjinjit. Tekuk dan pusatkan ujung jari kaki ke lantai lalu tahan 5-10 hitungan. Selanjutnya, tekuk pergelangan kaki ke atas seolah-olah kaki bertumpu pada tumit dan tempelkan di lantai, tahan 5-10 hitungan. Gerakan ini untuk mengurangi ketegangan pada otot-otot kaki.

Beberapa gerakan relaksasi di atas juga bisa Anda lakukan ketika berhenti di lampu merah, terjebak di kemacetan, atau saat mengisi bahan bakar di SPBU. (kaskus.co.id/mobil88astra)