Tips Membuat Iklan di Surat Kabar

24 Jun 2013
Sebuah Tips - Berikut adalah tips agar konsumen Anda ‘tanggap’ terhadap pesan penjualan Anda dari awal baris sampai akhir baris iklan :

Tips Membuat Iklan di Surat Kabar

Hendaknya ketika Anda memutuskan untuk memasukkan iklan di koran, Anda memasangnya di sebelah kanan halaman. Secara psikologi, mata pembaca selalu melihat halaman sebelah kanan ketimbang kiri. Dengan memasangnya di sebelah kanan, Anda punya probabilitas yang lebih tinggi konsumen Anda akan membaca iklan Anda tersebut.

Taruhlah headline di mana konsumen Anda akan melihatnya terlebih dahulu. Biasanya ada di atas halaman iklan atau di sebelah kanan bawah gambar iklan/ilustrasi.

Paragrah pertama dari iklan tersebut haruslah pendek, tidak lebih dari 15 kata. Jika memasukkan lebih 15 kata, kemungkinan besar si konsumen akan segera beralih ke iklan lainnya.

Kalau Anda hendak memasukkan iklan yang sifatnya panjang karena informasi-informasi penting yang terkandung di dalamnya, gunakanlah poin-poin untuk membagi tiap-tiap paragraf dan tentu saja menambah ketertarikan si konsumen untuk membaca iklan Anda.

Untuk iklan yang bersifat panjang, masukkanlah ilustrasi/gambar.

Setiap empat atau lima paragraf, hendaknya Anda menggunakan sub headline untuk menambah interest pembaca. Terkadang, pembaca malas membaca iklan yang panjang-panjang dan cenderung melihat headline saja dan sub headline. Jadi maksimalkanlah judul headline dan sub headline tersebut untuk memaparkan pesan-pesan penjualan Anda.

Design dari iklan Anda seharusnya memiliki kotak yang memanjang alih-alih melebar sebagaimana iklan-iklan di koran.

Jangan pernah membuat iklan dengan background hitam dan tulisan putih. Konsumen Anda akan sulit membacanya dan cenderung mengacuhkan iklan semacam itu.
Gunakanlah huruf kecil seperti yang terdapat di koran atau majalah. KARENA HURUF KAPITAL LEBIH SULIT UNTUK DIBACA!

Kalau Anda menggunakan kupon dan semacamnya dimana Anda meminta konsumen Anda untuk membawa kupon iklan tersebut untuk mendapatkan special offer atau discount, hendaknya Anda menaruhnya di tengah iklan Anda untuk memperbesar peluangnya. (kaskus.co.id/inukurnia80)