Tips Memilih Gadget yang Cocok untuk Anak

16 Jun 2013
Tips Memilih Gadget yang Cocok untuk Anak

Sebuah Tips - Seperti yang dikemukakan survei Hottest Insight (IHI) 2013 silam, 35% anak meminta hadiah kenaikan kelas berupa gadget dan 51% memilih sendiri produk handphone yang diinginkannya. Sampai saat ini, perdebatan mengenai apakah tablet baik bagi anak atau tidak masih belum berakhir. Tetapi, tidak bisa dipungkiri, kehadiran tablet PC menawarkan dampak yang besar baik dari sisi hiburan dan pendidikan.

Banyak orangtua yang membelikan gadget untuk anak dengan alasan sebagai sarana belajar anak. Dalam memilih gadget, beberapa orangtua langsung memilih dua merek yang populer. Hal ini, misalnya diakui oleh Anne (35 tahun). Dia tak perlu waktu lama untuk memilih gadget yang tepat untuk anaknya yang berusia 3 tahun. Namun, bagi sebagaian orangtua yang memiliki kocek terbatas, perlu waktu untuk memilih gadget yang sesuai dengan kantong mereka.

Saat ini, banyak merek tablet yang tersedia di pasaran. Dari merek Cina yang harganya cukup terjangkau, sampai gadget berkelas yang harganya cukup tinggi. Masing-masing menawarkan fitur yang menarik. Namun tentu saja, harga yang beragam dan banyaknya jenis gadget, membuat bingung banyak orangtua, ketika ingin membeli perangkat yang pas untuk anaknya.

Berikut ini beberapa tips dalam memilih gadget untuk putra-putri kesayangan Anda :

- Tujuan
Sebelum membeli gadget, coba pikirkan dahulu apa tujuan Anda, apakah hanya sekadar untuk bermain game, atau sebagai salah satu alternatif media belajar anak? Orangtua perlu mengevaluasi terlebih dahulu spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan usia anak.

- Harga
Salah satu faktor penting yang menjadi bahan pemikiran orangtua dalam membeli gadget adalah masalah harga. Tentu saja, hampir semua orangtua mencari harga terbaik yang sesuai dengan budget yang mereka miliki. Tidak selamanya gadget yang berharga murah itu jelek dan berkualitas rendah. Saat ini, banyak merk gadget yang menawarkan beragam fitur dengan harga yang bersaing.

- Koneksi Internet
Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah konektivitas. Sah-sah saja jika anak Anda perlu terhubung dengan Internet sebagai pendukung mencari informasi mengenai mata pelajaran dan hobinya. Jika memerlukan koneksi Internet, cermati fitur yang memungkinkan gadget terhubung ke Internet dengan baik dan cepat, seperti ketersediaan Wi-Fi, 3G, atau fitur lainnya. Jangan sampai Anda terlanjur membeli, namun selalu mengalami kesulitan untuk terhubung dengan Internet.

- Kapasitas Memori
Untuk menyimpan aplikasi atau video yang berhubungan dengan pendidikan, gadget memerlukan memori yang cukup besar. Untuk itu, perhatikan kapasitas memori pada gadget yang ingin dibeli. Semakin besar memori, semakin banyak informasi atau aplikasi yang dapat disimpan. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan memor eksternal sebagai penyimpan data cadangan.

- Kamera
Fitur lain yang perlu dipertimbangkan adalah kamera. Anak-anak senang sekali bereksplorasi dan mengambil foto. Selain untuk mengasah kemampuan fotografi dan berbagi di aplikasi, seperti Instagram, kamera juga dapat digunakan Anak untuk menangkap gambar hewan atau tumbuhan di sekitarnya, lalu mencari tahu mengenai hewan yang difotonya dengan Internet. (kaskus.co.id/jellybeanv41)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar