Tips mengatasi pertengkaran dalam hubungan

15 Jun 2013
Tips mengatasi pertengkaran dalam hubungan

Sebuah Tips - Pertengkaran itu bisa di bilang bumbu dalam percintaan, ibaratnya suatu hubungan tanpa pertengkaran bagai sayur tanpa garam. Namun yang jadi masalah adalah, bagaimana pertengkaran itu bisa diselesaikan.
Tidak sedikit permasalahan dalam suatu hubungan berlanjut terus tanpa unjung. Yang akhirnya pertengkaran itu akan mengancam hubungan yang telah terbina.

Berikut adalah tips dalam mengatasi pertengkaran dalam suatu hubungan :

- TetapTenang
ketika pertengkaran terjadi, sebaiknya jangan sampai perasaan marah itu melanda kedua pihak. Salah satu dari pasangan sebaiknya mengalah dan tetap tenang dalam mengahadapi permasalah itu. Hadapi dengan kepala dingin.dan segeralah mengambil air whudu untuk menenangkan diri.

- Batasi permasalahan
Apabila pertengkaran di sebabkan oleh sebuah masalah,maka jangan memperluas masalah dengan mengkait-kaitkan masalah yang sedang di alami dengan masalah-masalah yang telah lalu,karena itu hanya akan memperpanjang masalah,dan menimbulkan malah baru.

- Jangan Berteriak
Ketika Anda mengungkapkan kemarahan dengen berteriak, yang didengar oleh pasangan anda hanyalah suara bising. Ia pun takkan benar-benar mendengarkan apa yang Anda katakan. Kata-kata Anda juga takkan terkontrol jika Anda berteriak,

- Banyak mendengarkan dan sedikit berbicara
Saat sedang bertengkar,jangan menuruti nafsu untuk berbicara,tetapi diamlah,dan dengarkan lawan bicara kita,agar kita tau apa yang ia inginkan,setelah dia selesai bicara barulah kita bicara.

- Tanyakan Apa yang DiInginkan
Persoalan tidak akan selesai kalau semua ingin menang sendiri. Tanyakan apa yang pasangan inginkan. Bersikap terbuka dan menaruh perhatian kepada pasangan akan membuat pasangan bahagia dan merasa diperhatikan,jangn terus menyalahkan,walaupun pasangan kita telah melakukan kesalahan.

- Mengingat kebaikan-kebaikan pasangan
Saat kita emosi atau marah terhadap pasangan kita,maka yang banyak timbul diingatan kita adalah hal-hal buruk tentang pasangan atau kesalahan yang pernah ia lakukan,maka ubahlah pola pikir itu,saat kita marah banyak-banyaklah mengingat kebaikan-kebaikan pasangan kita dan pengorbana yang sudah ia lakukan karena hal itu akan membantu kita mengrangi kekesalan terhadap pasangan kita

- Minta Maaf
Meminta maaf adalah hal yang sangat bijak,namun sulit,akan tetapi Jika Anda dan pasangan dilingkupi cinta yang dewasa, tentu tidak perlu menunggu siapa yang lebih dulu mengungkapkan maaf,wanita biasanya lebih sukar meminta maaf atas alasan gengsi,jadikanlah meminta maaf budaya,agar kita saling menghormati.

- Sentuhan Lembut
Meminta maaflah dengan suara yang lembut dan dengan sentuhan,agar pasangan kita benar-benar bias merasakan ketulusan yang kita berikan.

- Berusahalah untuk tersenyum setelah meminta maaf
Setelah meminta maaf dan masalah selesai,tersenyumlah walaupun itu hal yang mungkin terasa berat agar dapat mencairkan suasana,mulailah dengan pembicaraan yang menarik,contoh,mengenang masa-masa sulit yang pernah di lewati bersama. (kaskus.co.id/drakevolution)