Tips Pintar Memilih Smartphone Android

13 Jun 2013
Tips Pintar Memilih Smartphone Android
Android Logo
Sebuah Tips - Di tengah semakin meningkatnya kepopuleran smartphone di pasar gadget dunia saat ini, membuat banyak produsen yang memproduksi smartphone khususnya dalam hal ini smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. Perlu diketahui bahwa sistem operasi Android merupakan sistem operasi terpopuler saat ini, karena smartphone dengan sistem operasi Android cenderung mudah dikostumasi atau di utak-atik sesuka hati mulai dari segi tampilan hingga performa yang bisa dipaksakan hingga batas kemampuan smartphone itu sendiri. Itulah mengapa smartphone dengan sistem operasi Android sangat populer. Namun dalam posting ini saia tidak akan membahas tentang utak atik pada Android, namun saia akan membahas tentang bagaimana memilih gadget Android yang tepat.

Rata² smartphone dengan sistem operasi Android memiliki performa yang mumpuni, setidaknya jika dibandingkan dengan handphone dengan sistem operasi sebelah (yang katanya smartphone) dengan harga yang sama. Namun belakangan banyak produsen yang menawarkan smartphone Android dengan harga murah. Memang tidak semuanya memiliki kualitas yang tergolong buruk, namun yang terpenting adalah pengguna secara bijak dapat menentukan pilihan berdasarkan spesifikasi yang diusungnya. Itu yang pertama, jika anda berniat memilih smartphone Android dengan harga murah.

Namun disini saia tekankan, bahwa spesifikasi yang lebih "wah" TIDAK menjamin bahwa smartphone tersebut memiliki performa yg lebih baik. Sebagai contoh iPhone 5, menurut beberapa sumber, smartphone keluaran Apple tersebut "hanya" dibekali prosesor dual-core (2 inti) dengan clock speed sekitar 1.2 GHz, tentu sangat jauh jika dibandingkan dengan beberapa smartphone Android yang sudah menggunakan prosesor quad-core (4 inti) dengan clock speed 1.4 hingga 1.5 GHz. Namun nyatanya iPhone mampu mengimbangi performa smartphone dengan spesifikasi yang "wah" itu, bahkan Sony Xperia™ T yang juga hanya menggunakan prosesor dual-core 1.5 GHz mampu mengalahkan performa smartphone Android lain yang menggunakan prosesor quad-core dalam tes benchmark, meskipun hasil benchmark bukanlah tolak ukur utama dalam segi performa. Intinya adalah bagaimana masing² produsen dapat memaksimalkan spesifikasi tersebut dengan device mereka masing².

Tips dari saia sebenarnya sederhana, pilihlah smartphone dengan bijak, pastikan anda membandingkan produk yang anda incar dengan produk lain dengan harga serupa. Namun bukan hanya dari segi spesifikasi dan kepopuleran semata, karena tidak selamanya smartphone dengan spesifikasi lebih tinggi akan lebih tangguh. Pertimbangkan juga pendapat orang terutama yang sudah pernah mencoba beberapa produk sekaligus.

Berikut saia akan beberkan keunggulan dan kelemahan 3 produsen yang menjadi pemain besar di pasar Android Indonesia (versi ane sendiri)

1. Samsung
Samsung dengan jajaran produk Galaxy nya sangat sukses hingga menguasai pasar smartphone dunia dengan berbagai promosi yang mendukung pemasarannya. Di Indonesia sendiri, banyak orang awam yang beranggapan bahwa smartphone Android pastilah produk dari Samsung. Keunggulan dari jajaran produk Galaxy adalah mereka mengeluarkan update software (Android) dengan cepat (+) terutama di jajaran produk unggulan atau andalan mereka sepeti Galaxy "S" series. Namun sayangnya sering kali update tersebut tidak menyentuh produk papan tengah dan kebawah (-) mereka. Produk andalan mereka memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki produk lain seperti S note yang terdapat di Galaxy Note

2. Sony
Sonymobile (Sony) yang sebelumnya bernama Sony Erricson, tergolong kurang sukses di pasar Android. Namun dengan lepasnya Erricson mereka berusaha mengejar ketertinggalan dari produsen smartphone lain setidaknya itu terlihat pada Smartphone andalan baru mereka yakni Xperia™ Z. Kelemahan yang saat ini dimiliki pada jajaran produk Xperia™ nya adalah sering terlambatnya update software dari Sony (-). Namun saat sudah mengeluarkan update, bukan hanya produk andalan mereka saja yang mendapatkannya, hampir semua jajaran smartphone Xperia™ mendapatkan update tersebut bahkan untuk Xperia™ kelas menengah - kebawah sekalipun (+). Keunggulan dari produk Xperia™ adalah produk ini terkenal memiliki hardware yang sangat tangguh meski memiliki spesifikasi lebih rendah dari smartphone Android lain. Bahkan mereka juga mengeluarkan smartphone yang memiliki daya tahan yang tangguh, contohnya produk andalan terbaru mereka yang memiliki spesifikasi yang mumpuni yakni Xperia™ Z yang mampu bertahan terhadap debu dan air. Smartphone dari Sony juga terkenal memiliki kualitas kamera yang baik (+), bahkan sensor kamera dari Sony banyak digunakan pada smartphone lain seperti pada iPhone 4S dan iPhone 5

3. HTC
HTC merupakan salah satu produsen pertama yang menerapkan sistem operasi Android pada smartphone nya. Namun mereka kalah bersaing dengan Samsung dengan jajaran produk Galaxy nya yang sangat gencar melakukan promosi. HTC juga tergolong cepat dalam mengeluarkan update software (+) untuk produk Android nya serta memiliki hardware yang tergolong mumpuni. Diantara produsen Android lain, HTC memiliki tampilan yang khas, meski produsen lain juga mengkostumasi tampilan dalam produk Android mereka. Produk dari HTC terkenal memiliki kamera yang bagus pada jajaran smartphone mereka, namun sayangnya sering kali update software hanya menyentuh jajaran produk unggulannya saja (-) sehingga hanya dapat dijangkau oleh pasaran tertentu.

Nah itulah ulasan dan tips dari saia. Semua tulisan diatas hanyalah opini dari saia semata, opini dari orang lain bisa saja berbeda. Jadilah konsumen cerdas dalam memilih produk. Semoga bermanfaat (kaskus.co.id/jellybeanv41)