5 Tips Seputar Uang untuk Wirausahawan

20 Jul 2013
5 Tips Seputar Uang untuk Wirausahawan

Sebuah Tips - Selamat malam  Sembari bersantai setelah berbuka, mari membahas masalah keuangan seorang entrepreneur. Namanya buka usaha sendiri tidak akan sama seperti karyawan yang punya penghasilan tetap setiap bulan. Kadang dapat banyak, kadang hanya sedikit.

Jadi selain harus bisa ngurus usahanya, ternyata seorang wiraswasta juga harus bisa ngatur uangnya sendiri. Berikut 5 tips dari sebuah situs manajemen keuangan tentang Mengatur Uang utk seorang Entrepreneur. Terusin bacanya ya, boleh di rate kalo suka ya

Tips 1 : Lunasi Tagihan Kartu Kredit!
Seorang entrepreneur harus menghentikan pengeluaran yang dapat melukai keuangannya. Utang kartu kredit akan membebani karena adanya bunga berbunga serta biaya keterlambatan. Trik untuk menghindari kerugian adalah selalu bayar penuh tagihan Anda dan jangan sampai telat alias tepat waktu.

Tips 2 : Simpan Dana Darurat.
Karena tidak punya penghasilan tetap, maka jumlah dana darurat minimal yang harus disimpan oleh Entrepreneur adalah setara dengan 8 bln pengeluaran (bukan penghasilan)! Dana darurat tersebut sebaiknya dimasukkan ke tabungan khusus dan tidak disertai kartu ATM. Hal ini penting karena membangun bisnis butuh waktu. Seorang entrepreneur perlu memastikan bahwa ia memiliki dana yg cukup untuk membiayai dirinya ketika pemasukan tidak terlalu banyak.

Tips 3 : Asuransikan Kesejahteraan Anda.
Tentu saja tidak akan ada perlindungan asuransi utk seorang entrepreneur layaknya karyawan di sebuah perusahaan kan? Jadi, penting sekali utk memastikan perlindungan asuransinya mencakup: Pelayanan Rumah Sakit (rawat inap), Penyakit Kritis, Kecelakaan, dll

Tips 4 : Mulai Ciptakan Penghasilan Pasif.
Penghasilan pasif merupakan uang yang diperoleh dengan sedikit/tanpa usaha. Misalnya bunga deposito (bagi yang takut riba, gunakan bank syariah), dividen dari bursa saham, atau uang sewa dari investasi properti. Setelah dana darurat sudah cukup, sebaiknya pertimbangkan untuk berinvestasi. Ingat, tidak perlu banyak uang utk mulai berinvestasi dan tidak ada ungkapan terlalu dini. Makin lama makin bnyk uang Anda.

Tips 5 : Hitung Anggaran! 
Seorang Entrepreneur wajib menghitung dan memiliki budget berdasarkan penghasilan tidak tetap. Untuk acuan budgeting, gunakan jumlah pemasukan terendah atau jumlah rata-rata pemasukan selama setahun.

Catatan penutup tips ini adalah menjadi seorang entrepreneur memang menantang dan menghasilkan uang, tetapi tetap ketahuilah langkah2 utk melindungi diri dan meningkatkan kekayaan Anda (kaskus.co.id/doyanikutkuis)