Tips untuk yang Mudik Pakai Mobil Pribadi

27 Jul 2013
Tips untuk yang Mudik Pakai Mobil Pribadi

Sebuah Tips - Mudik, sudah menjadi budaya rakyat Indonesia ketika lebaran tiba. Jalanan macet, yang biasanya bisa ditempuh 8 jam (Jakarta-Purworejo) maka kalau beberapa hari menjelang hari-H bisa 2 sampai 3 kali dari waktu biasanya. Tapi demi berkumpul dengan sanak saudara hal itu tidak menjadi masalah, malah sebagian orang menikmati suasana mudik.

Tahun lalu saya sudah merasakan nikmatnya mudik lebaran. Jalanan macetnya luar biasa, asap kendaraan beterbangan bercampur dengan debu. Kalau menggunakan mobil pribadi, kaca depan akan kotor dengan debu-debu yang beterbangan. Dan hal itu bisa menghalangi pandangan sang driver.

1. Pastikan air Washer terisi penuh, Wipper depan dan belakang bisa membersihkan kaca dengan baik

Apa yang terjadi kalau air washer habis dan wipper tidak bisa membersihkan kaca dengan baik?

Ketika banyak debu yang menempel di kaca depan dan belakang mobil Anda, pandangan Anda akan terganggu. Untuk wipper yang tidak berfungsi dengan baik juga akan mengganggu pandangan Anda, tapi ketika hujan turun. Anda akan kesulitan untuk membersihkan kaca yang tersiram air hujan.

Karena Anda akan melakukan perjalanan yang cukup jauh, Anda tidak akan tahu apa yang terjadi ditengah jalan nanti. Bisa saja ban Anda bocor di tengah jalan. “Wah, gawat kalau kaya gini,”

2. Pastikan ban serep terisi angin yang cukup dan tersedia peralatan penggantian ban

Dongkrak dan kunci roda ini wajib dibawa ketika Anda melakukan perjalanan jauh. Anda harus mengetahui di mana letak ban serep (cadangan), dongkrak dan kunci roda di mobil Anda. Selain itu Anda juga harus mengetahui cara penggunaan alat tersebut. Kalau Anda belum mengetahui cara penggantian roda pada mobil Anda, sebaiknya Anda tanyakan sebelum Anda melakukan perjalanan jauh. Pastikan bahwa ban serep yang ada di mobil benar-benar terisi angin yang cukup. Ketika ban mobil Anda bocor, Anda bisa langsung menggantikannya dengan ban serep sekalipun jauh dari tukang tambal ban.

3. Pastikan yang merupakan komponen safety (keamanan) pada mobil Anda dalam keadaan baik

Yang merupakan komponen keamanan yang ada dimobil diantaranya adalah rem, air bag, dan roda. Sepatu rem depan dan belakang harus dalam keadaan baik, bila tidak sebaiknya lakukan pergantian sebelum Anda melakukan perjalanan jauh. Perhatikan juga kebocoran pada sistem rem. Pastikan “ok” tidak ada kebocoran pada sistem rem. Air bag haruslah dalam kondisi bisa digunakan dengan baik. Hal ini untuk mengantisipasi bila Anda mengalami kecelakaan. Pastikan mur-mur roda sudah terpasang sesuai dengan momen spesifikasi. Tidak sedikit kejadian mur roda lepas dijalan dan mengakibatkan roda hampir lepas.

4. Jaga kesehatan Anda dan Tidurlah sebelum mudik

Jagalah kesehatan Anda jauh-jauh hari dan banyaklah tidur sebelum Anda mudik. Jangan sampai Anda tidak jadi berkumpul dengan keluarga besar gara-gara Anda tidak kosentrasi saat mengemudi.

Semoga tips-tips diatas membantu agan jika ingin mudik keluar kota, ane doain semoga pada selamat sampai tujuan (kaskus.co.id/cifadil)