Tips Cara Menghindari calo diterminal

2 Sep 2013
Assalamuallaikum

Sebuah Tips - kalau agan suka bepergian mengunakan moda transportasi bis, sesuatu yang paling agan sebelin waktu masuk terminal pastilah karena ditarik sana-sini sama orang yang tidak kita kenal, sambil nyuruh-nyuruh naik bis ini lah bis itu lah, padahal tanpa kehadiran mereka sebenarnya kita sudah tau mana bis yang akan kita naikin sesuai dengan tujuan kita ( kan ada trayeknya di depan ), parahnya lagi mereka selain maksa sambil tarik-tarik kadang juga disertai ancaman hiiiiii ngeriiii  mana kadang ngasih tiket dengan harga ngak wajar lagi, bikin hati tambah dongkol  .

Pengertian Calo: 
Arti calo adalah orang yg menjadi perantara dan memberikan jasanya untuk menguruskan sesuatu berdasarkan upah. Yang pasti harga yang diberikan calo pasti akan lebih tinggi dari pada harga aslinya. Tidak jarang calo memberikan harga yang sangat fantastis, alias sangat tinggi bisa sampai setengah harga.

pengalaman: 
Pengalaman ane sendiri yang nyaris kena calo yaitu ketika di terminal ubung Denpasar. Saat itu saya sedang mencari bus jurusan Denpasar - Surabaya. Saat sedang masuk terminal ubung, dua orang calo mendatangi saya sambil tarik-tarik ( biasa calo).

Calo: "Mau kemana mas?"
Saya: Diam saja
Calo:" Mau pergi kemana?" berkali-kali
Ahirnya ane risih dah jawab aja
Saya:" Surabaya. "
Calo: " surabaya 150 rb mas naik bis ******* namanya siapa? " sambil ngeluarin tiket siap nulis nama ane
Saya : "ha??? Bukanya 100"
Calo : "ngak boleh mas, dah gini aja biar sama-sama enak 130 aja gimana? "
Saya diam aja sambil ngeloyor masuk kedalam bis yang saya pilih, diatas bis saya cuma bayar 100 ribu, seperti harga resminya.
Itu salah satu pengalaman ane, emang butuh keberanian untuk menghindar dari calo, co bayangkan Denpasar surabaya 130 ribu dengan bis yang kelasnya dibawah, padahal dengan uang 100 ribu ane bisa dapat bis dengan fasilitas yang lebih bagus.

ini tips dari ane agar agan tidak terkena calo:
1. Jangan mudah percaya dengan orang yang tidak berseragam baik di terminal maupun di stasiun
2. Sebaiknya anda mengetahui harga tiket untuk membandingkannya saat anda membeli.
3. Apabila anda bingung di terminal, sebaiknya anda mencari petugas berseragam atau mencari bagian informasi
4. Abaikan segala ajakan dan omongan orang yang tidak berseragam saat anda di terminal. Apabila ada orang di terminal yang menanyakan tujuan anda, langsung saja anda menjawab "Saya sudah punya tiket".
5. Sebagian besar tiket bus bisa dibeli secara langsung tanpa memesan tiket terlebih dahulu saat bukan musim liburan dan lebaran. Jadi anda dapat langsung membeli tiket di kondektur Bus tanpa melalui perantara.

untuk menghindari ditarik-tarik oleh calo usahain agan membawa tiket dan diletakkan di tempat yang mencolok atau mudah terlihat ( saku depan), tiket ini ngak harus tiket yang berlaku, tiket kedaluarsa juga boleh asalkan masih tiket bis. harapanya calo dapat melihat dan mengira agan udah punya tiket jadi mereka akar berpikir 1000 kali untuk menawari agan tiket, setelah itu baru agan beli tiket di agen resmi bis pilihan agan

Kalo menurut gw sih.. 
- Beli tiket bis di Penjualan Tiket Resmi.
- Kalau mau menggunakan bis untuk mudik atau membawa banyak barang, mending gunakan Jasa Ekspedisi untuk kirim barang, Lebih Aman n Lebih Nyaman
- Bener kata TS, diemin aja.. daripada, kalo kita tolak or ngadu ngocol (jawab asal2an) malah jadinya brantem.. ati2 temen mereka banyak.
- Tips laen, beli tiket jauh2 hari, jangan pada hari H. (kaskus.co.id/bedezijo)