Tips berhemat dijaman modern

27 Feb 2010
Di jaman yg paceklik dan serba sulit,apalagi pas akhir2 bulan.. kebanyakan orang pusing,ya kan gan? nah ane mw kash tips cermat dan hemat supaya di jaman2 kaya gini kita bisa tetep nyaman dan irit nih gan... cek ya gan

-Siasati keperluan --> nah kita semua pasti punya keperluan setiap harinya,mau yg mendadak atau yg udah direncanakan,seperti
kerja,sekolah,atau tiba2 perlu sesuatu mendadak... nah di jaman serba mahal apalagi bensin mahal gan,angkot mahal apa2 mahal.. kenapa gak kita siasati dgn cara.. misalnya kita mw beli cd,lagu,atau sesuatu.. kenapa gak kita sekaligusin aja? kaya kita sekalian ke rumah temen atau sekalian kerja/skul,dan usahakan tempat belinya itu strategis dgn tempat yg kita akan lewati,jadi gak usah bulak balik dan ongkos dobel bukan? kaya pepatah sekali mendayung.. 2-3 pulau terlewati,ya kan

-Siasati cemilan/makanan --> hm.. kita semua perlu makanan/camilan disamping makanan pokok kita,ya gak? kaya nge-bakso,beli makanan ringan/minuman ringan.. ya kan gan? tpi kenapa sebelum kita beli itu kita mikir2 dulu deh,kaya misalnya kita mikir "kenyang gak yah? or enak gak yah?" atau coba sibukan diri kita dgn hal2 laen (seperti tidur,nonton tivi,atau ngobrol) nah dgn gtu kita bakal lupa ttg makanan2 itu,jadi kita bisa sedikit berhemat,or seenggaknya kita makan makanan rumah alias yg ada di rumah kita

-Siasati bermain --> kadang yg membuat kita agak boros adalah bermain,entah kita sama teman atau gebetan,keluar main2 kan perlu ongkos.. apalagi sama gebetan,hm... dobel ongkosnya ,nah baiknya kita kurangi dgn cara bermain di rmh kita or di rmh doi aja,bosen? ya kita kan bisa ciptain permainan2 gitu,kaya maen petak umpet,atau nonton tv,nonton blur yg baru2 di dvd.. kan lebih bervariatif daripada ke capital yg sebenernya pemandangannya itu2 aja,dan bisa hemat ongkos makan (bisa masak atau malah dimasakin ) ya gak gan? atau kalau kita maen keluar,apa salahnya kita bwa bekel? biasanya perbedaan harga makanan di luar sana ama di tempat kita tinggal beda2 loh...

-Siasati rokok --> nah buat agan2 yg gemar merokok,tentu hal ini agak memboroskan kantong,ya gak? sehari bisa 2-3 bungkus... hm,kenapa gak kita siasati dgn membeli rokok yg agak murah? atau kita bisa nebeng ke temen? bisa juga ganti rokok yg agak berat atau yg gmn gitu,kan bisa berkurang tuh,gak mungkin satu batang abis cepet,bayangin kalau rokok itu kesukaan kita,pasti bakal cepet abis sekali isepan... hehehehe

Sumber Artikel   : KasKus
Sumber Gambar : BmtKita
Si TS                   : Reeio