Tips sukses dalam suatu bidang

27 Feb 2010
Apakah anda pernah bercita-cita untuk sukses dalam suatu bidang? Dan anda mati-matian berupaya mengejarnya dan meraihnya. Sukses memiliki definisi yang berbeda-beda, bahwa sukses tidak akan mempunyai satu definisi yang khusus karena sukses merupakan sebuah proses perjuangan seorang anak manusia. Berikut ini sedikit hal yang harus kita cermati saat menjalankan misi menjadi sukses:

1. Tetapkan ambition dan fokus
Rancangan atas affairs tujuan anda adalah penting. Hal ini kadang sering dilupakan, dengan anggapan bahwa seiring berjalannya waktu semua akan baik-baik saja. Memang benar, namun garis besar dan arah apa yang harus anda tuju tetap menjadi nyawa bagi tujuan anda. Seharusnya sebelum mengawali
langkah, tulislah tujuan anda kedalam buku ambition hidup anda, bahwa hal tersebut adalah cita-cita yang harus anda dapatkan.

2. Yakini jalan yang benar selalu mendatangkan kesuksesan yang lebih panjang
Umumnya manusia akan melakukan segala cara untuk mendapatkan segala apa yang diharapkan. Ketika anda memutuskan jalan yang anda tempuh, maka pastikan apakah ini tujuan jangka panjang anda, atau hanya jangka pendek saja. Yakini apa yang anda raih nanti adalah benar-benar kesuksesan anda yang direstui Tuhan dan orang-orang tersayang anda. Maka lakukan sesuai dengan prosedur yang seharusnya dilampaui manusia sukses, yakni kerja keras dan konsisten.

3. Agendakan secara detail apa yang harus anda lakukan untuk mengejar tujuan anda
Ini tidak wajib, tetapi tak ada salahnya anda menuliskan apa yang harus anda lakukan untuk meraih hal tujuan anda. Menuliskan secara detail apa yang harusnya anda lakukan dapat mengurangi setidaknya 10% otak anda untuk bekerja keras memikirkan langkah anda saat mulai mengaami kegagalan. Selain itu catatan tersebut akan sangat berarti ketika anda telah mengalami kesuksesan, anda akan mengingat apa saja yang telah anda laukan dan korbankan demi mencapai semuanya ini.

4. Jangan terlalu mengejar, namun jangan pula diam di tempat tanpa anda sadari
Tidak ada sesuatu yang sempurna, begitu pula impian anda. Ada kalanya impian anda terasa tidak baik bagi anda, maka alam yang akan membawanya menuju pada arah lain namun tetap pada fokus impian anda. Berlarilah konstan dengan tetap manambah kecepatan sesuai porsinya, namun jangan berlari konstan yang tanpa anda sadari tak ada perubahan berarti dalam langkah-langkah anda tersebut.

5. Hidupkan suasana semangat dalam tiap hari-hari anda
Konsistensi sangat penting bagi pencapaian tujuan anda. Tak ada perubahan tanpa ada konsistensi. Hal instan hanya akan anda nikmati secara instan pula, namun konsistensi akan akan anda nikmati lebih lama. Penting untuk selalu merasa bahwa apa yang anda lakukan saat ini merupakan gairah hidup anda, bukankah tujuan hidup senantiasa membawa gairah hidup.

6. Belajarlah dari orang besar (pakar) namun jangan lupakan orang yang isedang belajar pada anda
Anda merasa anda sedang dalam perjalanan mencapai tujuan hidup anda, sehingga anda hanya perlu belajar dari orang besar sebagai panutan anda. Biasanya anda akan meninggalkan orang-orang yang juga sedang belajar meraih kesuksesan pada anda. Berkomunikasilah dengan hanya pada tokoh besar, karena kadang yang anda anggap kecil justru mampu melampaui cara berlari anda dan mencapai accomplishment kesuksesan terlabih dahulu.

7. Evaluasilah segala kemajuan bahkan kesalahan yang anda lakukan
Tulislah secara lengkap hasil evaluasi terhadap langkah anda. Jika anda menganggap ini rahasia, maka simpanlah sendiri hasil tersebut. Tuliskan detail apa yang telah anda capai dan kesalahan apa yang telah anda lakukan. Dan berikan evaluasi pribadi ata hasil kerja anda ini.

8. Jika memang telah cukup, maka yakinkan bahwa ini telah melampaui ambition anda
Rejeki telah diatur, jika memang bukan hak anda namun anda ingin memilikinya, maka semua akan kembali pada yang berhak sesuai jalan ala. Yakini apa yang telah anda raih bahkan telah melampaui ambition anda. Menurut pengalaman, hal ini justru akan memberikan bonus-bonus kesuksesan bagi anda selanjutnya.Karena kadang kala saat kita merasa kurang, maka anda akan merasa tak ada artinya berusaha sampai sejauh ini.

9. Syukuri apa yang telah anda raih saat berhasil meraihnya
Biasakanlah menerima semua yang telah anda raih dengan rasa terima kasih. Maka anda akan selalu siap mengejar tujuan-tujuan hidup anda selanjutnya.
Mungkin ini sekedara hal kecil yang bisa anda gunakan dalam meraih tujuan dan cita-cita anda. Karena saya yakin setiap manusia memiliki cita-cita sekalipun itu hanya untuk menjalani hidup. Sesederhana apapun dan sebagus apa impian anda, anda sendiri yang harus sepenuh hati meraihnya, bukan orang lain dan bukan mengatasnamakan orang lain.

Sumber Artikel   : KasKus
Sumber Gambar : AlmiSakti