Tips agar paru-paru kita sehat

19 Apr 2010
TIPS PARU Biar tetep Sehat

Paru-paru memang organ vital dalam kelangsungan hidup kita. jadi kalo ngomongin "organ vital " g cuma "....." aja Jadi untuk menjaga hal itu yang harus kita lakuakan antar lain :

1. Tidak merokok. Ini tidak bisa ditawar-tawar lagi. Alias harga mati (maaf bagi para perokok). agan2 dan sista..... bisa g ??? g pakek yg beginian...

2. Olahraga serta olah napas (pranayama) terutama di
pagi hari sebelum matahari terbit. Menurut Ilmu Medis China kuno, pukul tiga sampai lima pagi adalah jam puncak dari organ paru-paru, yang akan menampung oksigen secara maksimal dan mengeluarkan toksin secara maksimal juga.

3. Mengasup makanan yang kaya akan kandungan vitamin E.
Setiap hari paling tidak mengasup satu sendok selai kacang yang kaya akan vitamin E. Tapi harap diperhatikan kandungan selai kacangnya. Pilihlah yang mempunyai komposisi sehat. Selai kacang adalah salah satu makanan yang kaya vitamin E.
Walaupun ada penelitian yang mengatakan bahwa suplemen vitamin E dalam dosis tinggi bisa menyebabkan kanker paru-paru, tetapi penelitian yang terbaru membuktikan lain. Bahwa makanan yang kaya akan vitamin E akan meningkatkan kesehatan paru-paru; jadi bukan vitamin E dari pil. Suplemen vitamin E menggunakan alpha-tocopherol sintetis. Jadi, dengan mengasup makanan yang kaya vitamin E, Anda mendapatkan alpha-tocopherol alami yang justru menyehatkan paru-paru Anda. Makanan yang kaya akan vitamin E, misalnya selai kacang, kacang-kacangan lainnya (kacang mete, kacang bogor, dll), dan biji-bijian mengandung vitamin E alami. Apabila Anda sering mengasup makanan ini maka Anda akan 55% lebih rendah risiko mendapatkan kanker paru-paru daripada orang yang jarang mengasup makanan-makanan yang kaya akan vitamin E alami.
Makanan yang kaya akan vitamin E misalnya selai kacang atau salad dressing yang terbuat dari minyak sehat (minyak canola dan minyak zaitun/olive oil) mengandung alpha-tocopherol yang menyehatkan paru-paru Anda. Menurut penelitian, 15% penderita kanker paru-paru adalah orang yang tidak merokok. Jadi dengan fakta angka ini, janganlah ragu-ragu untuk mengoleskan selai kacang ke roti tangkap Anda, makan karedok, gado-gado, maupun atau membuat saus salad dari minyak Zaitun atau minyak canola untuk membuat paru-paru Anda lebih sehat.

Manfaat lainnya dari mengasup makanan yang kaya akan vitamin E adalah:

Mengurangi risiko terjangkiti penyakit Alzheimer
Mempunyai tubuh yang kuat dan tulang yang kuat
Mempertajam penglihatan Anda
Jadi, menghindari rokok (aktif maupun pasif), membiasakan olahraga dan olah napas di pagi hari serta mengasup makanan-makanan yang kaya akan vitamin E akan membuat paru-paru Anda menjadi lebih sehat. Di samping itu, ada tambahan manfaat lainnya untuk kesehatan, yakni memori lebih baik, penglihatan lebih tajam serta postur tulang Anda lebih kuat.
moga ja manfaat....
biasanya qta2 berdoa kalo lagi sakit aja... mumpung agan2 dan sista masih sehat.... bersyukur dan mencegahnya itu jauh lebih baik....

Sumber Artikel : Kaskus