Tips menjaga kesehatan mata

29 Apr 2010
 Mata adalah bagian penting tubuh. Oleh karena itu, wajiblah kita menjaga dan merawatnya. Sering kali kita tersadar bahwa tiba-tiba ada yang tidak beres dengan mata kita. Inilah yang perlu kita waspadai. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga mata kita:

ü Periksakan mata minimal setahun sekali ke dokterspesialis mata.
Kondisi mata mata dapat selalu berubah. Hal ini karena mata selalu menerima hal yang baru setiap hari, kondisi lingkungan salah satunya.

ü Beli lensa kontak yang terbaik kualitasnya. Memilih lensa kontak butuh ketelitian, jangan hanya merek yang yang terkenal. Pilih yang harganya terjangkau dan berkualitas baik untuk mata. Dan juga pilih warna yang sesuai.

ü Selalu gunakan kacamata UV di bawah terik matahari. Matahari tidak hanya “jahat” pada kulit kita, tetapi juga pada mata. Mata tidak boleh terkena sinar UV secara langsung. Radiasi sinar UV akan memberikan dampak buruk pada mata. Pilih kacamata yang trendfashion agar dapat dipakai sekaligus untuk gaya.




ü Konsumsilah makananatau suplemen yang baik untuk mata. Terutama yang mengandung vitamin A, C, E, Folic Acid, Selenium dan Zinc. Semua kandungan itu mampu menghambat penuaan yang juga mempengaruhin kinerja mata.

ü Barikan waktu istirahatyang cukup untuk mata. Mata juga butuh istirahat seperti anggota badan lainnya. Keadaan tidur dengan lampu dimatikan akan lebih baik untuk mata.

ü Atur kecerahan lampu saat membaca atau bekerja di depan computer. Kondisikan kecerahan lampu sesuai dengan kemampuan mata. Keadaan remang-remang atau redup sangat tidak baik utnuk mata.

ü Ganti lensa kontak sesuai waktu yang dianjurkan. Setiap lensakontak memiliki masa pakai. Hindari penggunaan terlalu lama. Lepaskan jika anda tidak membutuhkannya tau pada saat bersantaidi rumah. Waktu normal penggunaan lensa kontak adalah 12jam. Dan jangan lupa untukselalu membersihkan lensa kontak anda, karena debu dan partikel lainnya senantiasa menempel disana.

Sumber Artikel : BL-Health