Tips Merawat AC mobil

16 Agt 2010
AC mobil menjadi salah satu bagian vital untuk menentukan kenyamanan dari sebuah mobil. Sebuah mobil akan sangat tidak nyaman jika AC nya tidak dingin terkadang mengeluarkan hawa panas. Tentu saja hal tersebut sangat kita hindari jika kita berkendara apalagi jika kita sedang bersama dengan pacar atau pasangan di kencan pertama sangatlah tidak lucu. Dan juga jika kita berada di kota besar yang penuh dengan polusi dan kualitas udara yang buruk AC menjdai sangat penting. Sebenarnya ada beberpa cara sederhana untuk menambah umur dari AC mobil
kita.

1. Secara logika saja, AC akan menjadi bekerja lebih ekstra jika saat awal AC dinyalakan mobil dalam keadaan yang panas, AC akan bekerja lebih berat untuk mendinginkan mobil. Tips pertama yang bisa dilakukan adalah parker di tempat yang sejuk, dan jika kita terpaksa di tempat yang panas jangan langsung nyalakan AC saat keadaan masih sangat sumpek atau panas, biarkan udara dai dalam mengalir keluar untuk beberapa saat. Tidak perlu menunggu sangat lama setidaknya saat keadaan mobil benar2 tidak sumpek atau panas.

2. Tips berikut adalah bersihkan condenser AC yang terletak di depan radiator secara berkala supaya tidak menjadi karatan dan kropos yang membuat bocor pada kondensor. pada saat anda mencuci atau mencucikan mobil bilang saja pada mas nya pencuci mogil bershkan kondensor AC nya juga.

3. Tips berikut sangat mudah jangan merokok saat AC hidup karena asapnya membawa nikotin atau zat jahat untuk mengotori evaporator di dalam AC.

4. Tips berikut yang jarang disadari adalah saat kita berjalan cepat jangan menurunkan suhu AC karena akan menjadi beban pada AC.

5. Lebih baik untuk menghidupkan AC saat anda sudah berjalan beberapa saat untuk sesaat gunakanlah AC alam.

6. Tips berikutnya saat AC sudah dirasakan tidak nyaman jangan ragu bawa ke spesialis AC untuk menghindari pengeluaran biaya yang lebih besar karena semakin parah kerusakan.

Sumber Artikel : Kulinet