Tips Perawatan Layar LCD Notebook

15 Agt 2010
Apakah anda memiliki notebook? Apabila jawaban anda iya maka perhatikan cara merawatnya selain disimpan di tempat aman dan juga merawat layar LCDnya. Yang perlu diperlukan adalah pencegahan untuk menghindari resiko terjadinya kerusakan dini karena layar LCD adalah komponen yang paling rentan oleh tekanan berlebihan seperti debu, kotoran, cairan tertentu bahkan asap rokok. Selain pemeliharaan fisik,yang perlu dilakukan adalah menggunakan power management di Windows supaya layar LCD tetap
awet.Pemeliharaan ringan yang bersifat fisik ataupun non-fisik adalah membersihkan permukaan layar monitor LCD notebook atau netbook anda secara rutin dan dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

1. Menggunakan cairan khusus pembersih yang direkomendasikan seperti air,alkohol 50-75%. Tidak diperkenankan membersihkan menggunakan larutan lain seperti aseton,bensin,atau cairan pembersih kaca karena bahan layar LCD notebook bukan dari kaca tetapi lapisan plastik.

2. Pembersihan juga dilakukan tidak dengan mengoleskan atau menyemprotkan cairan tersebut langsung ke permukaan layar LCD.

3. Gunakan kain yang berserat halus dan kondisinya lembab(bukan basah kuyup). Hindari penggunaan pembersih seperti tissue,kertas atau kapas karena justru berpotensi merusak layar dan meninggalkan serabut-serabut halus di permukaan LCD.

4. Sapuan kain bergerak dalam satu arah yang sama dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan.Dihindari menggosok layar permukaan LCD dengan cara memutar sambil menekan permukaan layar.

Perawatan non-fisik untuk layar LCD dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

1. Tidak menyetel kontras layar dan kecerahan terlalu tinggi karena tidak nyaman di mata,penyetelan terlalu tinggi membuat layar display anda harus bekerja keras ketika memunculkan gambar.

2. Memasang screen saver BLANK sesuai dengan kebiasaan anda bekerja.Jangan biarkan layar tetap menyala ketika anda sering meninggalkan notebook atau netbook anda dalam keadaan menyala.Dengan memasang screen saver BLANK layar tidak dipaksa untuk menampilkan warna.

3. Mengatur pola penggunaan baterai untuk layar LCD notebook anda dengan setting melalui Power Management pada OS yang anda pakai. Gunakan menu Suspend,Standby dan Hibernate secara maksimal.

4. Setting frekuensi pada layar LCD notebook dengan tingkat yang tidak mengganggu mata anda.

5. Manfaatkanlah pengaturan menu dan kartu VGA notebook anda semaksimal mungkin.

Semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber Artikel : Kulinet