Tips Memilih Kontrakan Bagi Mahasiswa

14 Agt 2010
Bagi mahasiswa yang menuntut ilmu di luar kota tentunya tidak akan terhindar dari istilah "ngekost". Bagi sebagian mahasiswa mungkin memilih untuk tidak ngekost, karena sebagian dari mereka berpikiran bahwa kost memiliki banyak kekurangan, diantaranya tidak semua teman satu kost kita kenal, adanya aturan-aturan yang mengikat dari pemilik kost, merasa tidak bebas keluar masuk, dan ada juga yang diberlakukannya jam malam. Dari para mahasiswa yang berpikiran demikian biasanya terlintas pikiran untuk tidak ngekost, tetapi mengontrak rumah bersama teman-temannya.
Mengontrak rumah lebih banyak memiliki kelebihan dibandingkan dengan kost, antara lain teman-teman satu kontrakan merupakan teman yang benar-benar kita kenal, tidak ada aturan-aturan yang sangat mengikat, dan intinya kita bebas untuk mengatur dan memanajement kontrakan tersebut. Berikut adalah tips-tips tentang pemilihan rumah kontrakan bagi mahasiswa, antara lain sebagai berikut:

1. Teman
Tentukan jumlah dan siapa saja teman kita yang akan ikut serta untuk mengontrak. Sebaiknya jumlah teman jangan terlau banyak, maksimal 7-8 orang. Pilihlah teman-teman yang benar-benar akrab dan "senasib" dengan kita. Senasib disini diartikan mempunyai keluhan yang sama terhadap tempat kost masing-masing.

2. Harga Kontrakan
Pilihlah harga kontrakan dengan harga relative murah. Untuk mendapatkan rumah kontrkan yang nyaman tidak perlu dengan harga "wah", cukup sesuai dengan harga pasaran setempat. Disinilah kelebihan dari mengontrak rumah dari pada kost, biaya kontrak rumah bisa kita tanggung bersama teman-teman kita.

3. Lokasi Rumah
Lokasi rumah kontrak hendaklah yang strategis, kalaupun rumah tersebut berada di dalam gang tidak masalah asal akses menuju jalan raya cukup dekat. Biasanya memang rumah yang berada di dalam gang dihargai lebih murah, tidak apa-apa justru dengan harga murah tersebut akan membuat anggaran kita terpangkas dan kita pun masih mempunyai uang sisa untuk ditabung.

4. Kondisi lingkungan Rumah
Amati terlebih dahulu kondisi lingkungan kontrakan, dari masyarakatnya sampai keadaan lingkungannya. Usahakan masyarakat disekitarnya "welcome" kepada kita karena ada saja masyarakat yang tidak suka akan kedatangan kita. Untuk kondisi lingkungan perhatikan kebersihannya dan sitem keamanannya. Perhatikan juga apakah lingkungan sekitar rumah tersebut sering banjir atau tidak karena banjir merupakan momok yang menakutkan bagi kita di musim penghujan dan hal tersebut harus mendapatkan perhatian khusus.

Kondisi rumah yang nyaman tentunya akan membuat kita merasa betah dan kerasan, tips-tips di atas ditujukan untuk pemilihan rumah kontrakan mahasiswa dengan harga terjangkau, aman, dan tentunya nyaman.

Sumber Artikel : Kulinet