Tips atasi mual didalam perjalanan

13 Sep 2010
buat agan² dan aganwati yang mw mudik pas lebaran,nih ada tips atasi mual di perjalanan
cekidoot....

Bagaimana agar terhindar dari mabuk perjalanan?

1. Posisi Duduk
Posisi duduk sangat membantu bagi Anda yang biasa mabuk di perjalanan. Bagi Anda yang menumpang kapal laut, maka pilihlah kabin tengah agar saat kapal bergoyang Anda tetap merasa nyaman. Sedangkan Anda yang naik kereta api, pilihlah duduk di dekat jendela agar Anda tetap bisa menghirup udara segar, dan ambil posisi yang menghadap ke depan. Dan jika Anda menggunakan
mobil atau bis, pilih kursi yang dekat dengan sopir.

2. Posisi Tubuh
Rilekskan tubuh Anda dan bersandarlah pada kursi secara nyaman. Jangan terlalu tegang dan duduk tegak agar perut tidak terguncang keras.

3. Sarapan
Sangatlah penting untuk mengisi perut Anda sebelum menempuh perjalanan panjang. Sebab saat perut Anda dibiarkan kosong, maka lambung akan memproduksi asam yang berlebihan. Hal inilah yang akan membuat Anda merasa mual.

4. Pilihan Makanan

Hindari memilih makanan berlemak tinggi, produk susu, atau jus yang terlalu asam. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi teh hangat atau seduhan jahe untuk mengurangi rasa mual.

5. Jangan Membaca
Mungkin Anda sangat suka membaca buku, tetapi bagi Anda yang mudah mabuk di perjalanan, justru kegiatan ini akan membuat Anda mudah merasa mual. Jika Anda jenuh, dengarkan musik dan nikmati pemandangan hijau di luar jendela mobil.

6. Cukup Udara

Pastikan Anda mendapat cukup asupan oksigen dan udara segar, terutama jika Anda tak tahan AC atau aroma parfum mobil.

7. Tidur
Tidur dalam perjalanan sedikitnya akan sangat membantu Anda mengalihkan rasa mual di perjalanan. Posisikan tubuh dalam keadaan rileks, jika perlu bawalah sebuah bantal travelling yang nyaman dan mudah dibawa-bawa.

Selamat mudik...

Sumber : KasKus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar