Tips Belanja Pintar Untuk Lebaran

4 Sep 2010
Halo gan! sebentar lagi kan mau lebaran nih,agan-agan yang beragama muslim pastinya selain sibuk beribadah juga sibuk nyiapin “barang-barang baru” buat lebaran.Eits,tapi jangan langsung belanja dulu,simak dulu gan tips-tips belanja buat lebaran dibawah ini,semoga ada manfaatnya.

Tips ini ane ketik sendiri dari pengalaman ane dan baca-baca di koran,internet dll,bukan copy paste ya gan.Ini nih buktinya gak repost :

Sebelum belanja :
1.Tentukan Budget!:
Agan harus tentuin dulu budget KHUSUS BELANJA agan,caranya penghasilan agan dikurangi dulu untuk biaya zakat,THR untuk karyawan/pembantu,atau kalau memungkinkan dikurangi biaya listrik dan biaya air juga.Untuk yang mengontrak rumah,itu juga harus dipikirkan.Sehingga uang yang tersisa bener-bener murni budget untuk belanja.Perhitungannya harus benar-benar realistis gan,ingat habis lebaran juga ada pengeluaran lagi.Biasanya kita mengabaikan itu dengan berpikir ah..itu mah kan gampang entar bisa diurus.

2.Buat Daftar Belanja!:
Buat daftar apa-apa ajah yang pengen agan beli.Tentukan juga prioritasnya,apa yang paling penting tulis di nomor satu.Dan pas belanja ingat sama daftar ini,kalau perlu tulis kenapa barang itu begitu penting sehingga kalau agan nanti kegoda pas belanja agan ga kehasut.
Misal daftarnya kayak gini : 1.Baju Koko : “Inget! Baju koko lu udah kekecilan,lu gak mau kan badan lu keliatan tambah kurus?! Penting banget nih apalagi entar mau sungkeman sama mertua,malu-malu dah kalau lu gak beli ini!”

3.Tentukan Lokasi Belanja!:
Lokasi belanja juga cukup penting,agan harus jeli lokasi mana yang pas buat agan.Caranya :
Pertama cari tau apakah barang-barang yang di jual disana emang bisa dijamin bagus,murah dll.Kalau agan belanja di internet,di fjb misalnya perhatikan apakah sellernya meyakinkan dan udah dipercaya sama para kaskuser yang udah beli barang ke dia.

Kedua lokasinya apakah cukup mudah dijangkau.Akan lebih bagus lagi kalau tempat tujuan belanja agan berdekatan dengan tempat-tempat belanja lainnya,ini berguna kalau agan mau banding-bandingin barang yang sama di tempat berbeda.Apalagi buat agan yang gak pake kendaraan pribadi.

4.Tentukan Waktu Belanja!:
Sebenernya waktu belanja yang bagus itu sebelum lebaran,tapi karena udah terlanjur tanggal segini ya mau gimana lagi?.Agan harus tentukan waktu yang pas buat belanja,tapi karena ini bulan puasa waktu yang ideal untuk belanja biasanya sehabis maghrib biar gak kecapean dan lebih jernih pikirannya pas milih barang yang mau dibeli (Apalagi makanan).Atau mungkin buat sis yang gak lagi puasa,bisa dateng lebih awal seperti jam-jam awal pas Mall/Toko baru buka.

5.Tentukan Dengan Siapa Agan Akan Berbelanja!:
Buat agan yang takut gak pintar milih barang bisa ajak temen atau saudara agan buat nemenin belanja.Tapi jangan salah pilih juga gan! Pilihlah orang yang emang pinter belanja,bukan suka belanja.Kalau agan milih yang suka belanja yang ada agan malah kehasut sama dia.Dan mungkin pilih teman yang emang lagi gak niat untuk berbelanja,ini biar agan ke ikut-ikutan beli barang yang temen agan itu beli gara-gara kepengen juga.Pilih juga orang yang emang sesuai sama agan,misal agan orangnya gak gampang cape dan suka gerak cepet,maka jangan milih yang gerakannya lambat.Ini kejadian juga pas waktu nyokap ane ngajak ane belanja,dia semangat banget milih-milih barang sedangkan ane malah kecapean,jadinya malah nambah lama belanjanya.

Saat Belanja!
1.Inget Daftar:
Pegang Daftar Belanjaan! Inget sama daftar yang udah dibuat.Dan sisihkan uang untuk ongkos pulang terutama yang gak bawa kendaraan pribadi.

2.Waspada!:
Hati-hati,banyak copet beraksi gan! Buat ibu-ibu yang bawa tas jinjing dekap tas jinjing erat-erat didepan dada,jangan dibelakang karena inilah sasaran empuk para pencopet.Kalau memungkinkan pisah-pisah duit agan,yang satu di dompet,saku belakang,saku baju dll. Untuk mengantisipasi ajah gan.

3.Abaikan kata-kata Diskon/Sale/Cuci Gudang dll. :
Ingat barang yang di diskon itu bisa jadi cuma bisa-bisanya mereka ajah,yaitu dengan cara menaikkan harga lalu dikasih diskon gede-gedean.Ini juga pernah terjadi pas gw nemenin bokap gw nyari jaket,dia liat ada tulisan gede “DISKON 50%” dan ternyata harga jaketnya udah dinaikkin.Kalau perlu anggap saja kalau kata-kata diskon,sale dll itu jurang neraka

4.Jangan Ketipu Harga Tanggung!:
Kita biasanya tertarik buat beli barang yang harga tanggung ini.Misalnya sebuah baju harganya Rp. 189.999,00 <=== perhatikan bener-bener harga ini,biasanya harga segini membuat kita gak mengeluarkan uang sebesar Rp.190.000 padahal sangat kecil kemungkinannya si kasir bakalan ngasih kembalian Rp.1,kalau kembalian cepe ajah digantinya permen kan?

5.Jangan Telen Mentah-Mentah Apa Kata Penjual Tentang Barangnya:
Agan harus mencerna dengan jernih apa kata penjual tentang barang yang agan mau beli.Inget tugas mereka adalah membuat agan tertarik dan membeli,yang keluar duit ya agan.Perhatikan kualitas barang yang akan agan beli.Minta coba dan garansi,terutama untuk agan yang belanja di internet atau fjb kaskus,kalau perlu minta fotokopi ktp .

Kalau pengalaman ane sih,jangan beli barang yang sellernya sendiri gak tau barangnya asli atau palsu dan bilang ke agan kalau barangnya dapet dari temennya yang bilang kalau barangnya asli.Tapi karena ane percaya dan harganya gak mencurigakan ya udah ane beli,dan ternyata pas ane dapet barangnya tuh barang palsu.

6.Pilih Barang Yang Tahan Lama:
Untuk makanan seperti kue-kue,pilih ajah yang tahan lama biar kalau gak habis pas hari lebaran masih bisa di konsumsi setelah hari lebaran.Untuk baju,pilih yang modelnya selain sopan juga bisa kita pake dihari-hari biasa.Gak mau kan beli mahal-mahal cuma dipake seminggu doang.

Setelah Belanja!
1.Diam sebentar,cari tempat duduk dan periksa apakah barang-barang yang ada didaftar sudah terbeli semua.Periksa juga jumlah barang yang udah dibeli,bisa jadi kasir salah menghitung.
2.Kalau emang ada duit sisa,silahkan duitnya buat beli barang-barang yang agan demen.Tapi lebih bijak duitnya ditabung buat masa depan.
3.Pulang deh
 Sumber : KasKus