Tips dan langkah memasak sehat

18 Sep 2010
1. Jaga supaya lantai sampai bagian dalam lemari dapour tetap kering, bersih dan rapi.

2. Jangan pernah merokok di dapur, khususnya saat menyiapkan atau menangani makanan.

3. Jaga supaya permukaan meja dapur, saluran air, dinding, lantai, peralatan masak, serta alat-alat makan dalam keadaan bersih dan kering. Disinfeksi alat-alat masak dengan air hangat dan detergen sesering mungkin, serta segera lap tumpahan makanan.

4. Jauhkan binatang peliharaan dari dapur. Jangan pernah biarkan mereka keliaran di dapur dan ikut “bekerja” bersama
anda.

5. Jika sedang sakit, misalnya sakit perut atau flu, sebaiknya anda tidak menangani makanan.

6. Sebelum mengolahj makanan, lepaskan perhiasan, termasuk cincin dan jam tangan. Cuci tangan dengan air hangat dan deterjen. pastikan juga kuku jari tangan sudah terpotong rapi. Cuci tangan sekali lagi setiap kali selesai menangani bahan makanan mentah, ke toilet, atau setelah membersihkan sampah atau memegang binatang peliharaan.

7. Balutlah luka iris dengan kain atau plester steril yang tahan air. Gantilah kain atau plester itu setiap hari sampai luka sembuh.

8. Lapisi tempat sampah dengan plastik belanja yang masih utuh. Buanglah sampah setiap kali pekerjaan dapur selesai. Cuci dan keringkan tempat sampah sebelum memasang kantrubng plastik yang baru.

9. Hindari “menyampah” di meja dapur, dekat dengan makanan matang atau dekat makanan yang sudah diolah.

10. Segera buang sisa-sisa cucian piring seperti remeh-remeh makanan, tulang ikan dan lain-lain. Jangan menunggu sampai banyak. Karena sisa makanan cepat membusuk dan bisa menyebarkan penyakit.

11. Saat menangani makanan, gunakan celemek yang bersih, baju lengan pendek atau lengan panjang yang digulung rapi. ikat rambut ke belakang, jangan sampai tergerai atau menutupi wajah.

12. Bersihkan permukaan meja dan peralatan dapur, pisau misalnya, pada tiap tahap penanganan bahan pangan. Jangan menggunkaan peralatan yang sama untuk menangani bahan pangan mentah dengan makanan masak, kecuali sebelumnya telah dicuci bersih dan dikeringkan. Lap permukaan kaleng dari makanan kaleng sebelum dibuka, dan bersihkan debu dan kotoran yang melekat.

13. Gunakan sendok untuk mencicipio masakan. jangan gunakan jari atau telapak tangan. Gunakan sendok sekali saja dan jangan diulang-ulang, kecuali dicuci lebih dahulu.

14. Cuci peralatan masak dan alat-alat pemotong dengan air hangat dan deterjen. Bilas secara menyeluruh dan tiriskan sampai mengering sendiri, atau bisa juga menggunakan lap bersih.

15. Ganti dan cucilah pakaian, celemek, lap tangan, serta lap untuk menangani makanan, idealnya setiap hari. Setelah digunakan, rendamlah telenan, baik yang plastik atau kayu dengan air panas dan detergen.

Sumber : KasKus

5 komentar:

  1. hmm tips yang bener² mudah dan memang harus dilakukan untuk memenuhi kriteria masak cara sehat
    Sukses Slalu

    BalasHapus
  2. @kang Bunglon : Makasih kang, iya cukup sederhana nih tipsnya . . . . . Salam Sukses!

    BalasHapus
  3. banyak tips di sini, aku sampai bingung mau baca yang mana semuanya bagus2. makasih sobat, izin baca tips yang lain

    BalasHapus
  4. terimakasih... saya suka makan tapi kurang bisa masak... jadi cuma bisa nungguin masakan di meja makan,, he he he.... salam kenal yah...

    BalasHapus
  5. @Blogger Admin : hehehehehehehe, silahkan sob . . . :D
    @omjun : salam kenal juga, sambil belajar masak atuhh . . .

    BalasHapus