Tips meyimpan makanan kaleng

17 Sep 2010
Trik memilih makanan kaleng yang “baik” mungkin sudah sering Anda terapkan saat berbelanja. Tapi, tahukah Anda bahwa cara penyimpanan yang baik juga menentukan umur makanan kaleng? Nah, agar tetap aman dikonsumsi dalam waktu cukup lama, beberapa tips berikut ini mungkin perlu Anda simak:

1. Pastikan kemasan dalam kondisi bersih dan tersegel baik sebelum disimpan.

2. Pilihlah tempat penyimpanan yang bersih, kering, sejuk dan mempunyai temperatur ruang yang stabil, misalnya di dalam lemari, kabinet dapur atau
rak tertutup.

3. Agar makanan kaleng tidak tersimpan terlalu lama, pilihlah tempat yang
mudah dijangkau dan sering Anda gunakan sebagai tempat penyimpanan. Hindari menyimpannya di tempat yang tersembunyi, gelap, terlalu dekat dengan lantai atau langit-langit ruangan.

4. Simpan makanan kaleng Anda dengan aturan seperti berikut: Kelompokkan produk berdasarkan jenis makanan yang dikalengkan. Letakkan produk yang baru Anda beli di belakang produk lama. Susun produk berdasarkan tanggal kadaluwarsa terdekat. Bila perlu, tulis waktu kadaluwarsanya pada secarik kertas dan tempelkan di atas label produk, menghadap keluar.

5. Untuk makanan kaleng yang kemasannya sudah terbuka, sebaiknya simpan dalam kulkas. Jangan lupa, rapatkan kembali kemasannya atau pindahkan ke dalam wadah tertutup lainnya.

Sumber : KasKus